KPPN Purwokerto
Jalan D.I. Panjaitan No. 62 Purwokerto

Berita Utama

Seputar KPPN Purwokerto

Menjawab Pesatnya Perubahan Era Globalisasi, Adakan Sosialisasi Marketplace dan Aplikasi SAKTI

KPPN Purwokerto mengadakan Sosialisasi Digital Payment Marketplace Belanja Pemerintah, Aplikasi Sakti Web Full Modul, dan Supplier Tipe 3 Dan 6. Hari Selasa, 9 Maret 2021 melalui daring bagi seluruh satker di Kab. Banyumas dan Kab. Purbalingga.

Sambutan oleh Plh. Kepala KPPN ‘Warnoto’ sekaligus membuka acara dan memaparkan Overview Aplikasi Sakti Web Full Modul. MC ‘Ari Purwati’, dan pembaca doa ‘Adhan Tri Pamungkas. Narasumber KPPN ‘Noor Cholis’ menyampaikan overview Marketpalce. Pemateri berikutnya dari Bank Mandiri, BRI, dan BNI Aplikasi Digipay. Materi Supplier 3 dan 6 oleh Lita Apriyani.

Ditjen Perbendaharaan meluncurkan inovasi penggunaan Uang Persediaan (UP) melalui sistem marketplace dan digital payment. Inovasi tersebut merupakan salah satu quick wins di tahun 2020 yang diluncurkan untuk menjawab pesatnya perubahan di era globalisasi dan revolusi industri. Dengan hadirnya inovasi tersebut diharapkan efektifitas dan efisiensi belanja negara dapat lebih ditingkatkan.

Penggunaan UP melalui marketplace dan digital payment bertujuan untuk memperbaiki tata kelola dan modernisasi penggunaan UP oleh satker, dengan menyediakan sistem pembayaran pemerintah yang efektif dan efisien, integrasi pemesanan, pembayaran, informasi perpajakan, serta menciptakan ekosistem belanja pemerintah yang melibatkan satker, penyedia barang/jasa, perbankan, dan pemerintah.

 Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran dengan single database.

Penggunaan aplikasi ini akan mendukung tata kelola keuangan yang lebih baik, yang mampu mengakomodasi pengelolaan keuangan dari tingkat satker sampai tingkat kementerian.

 Aplikasi ini berbasis web, maka user/pengguna akan dimudahkan untuk mengoperasionalkan masing-masing modulnya di mana saja. Sepanjang terdapat jaringan internet, sesuai dengan visi dan misi pemerintah untuk mengoptimalkan teknologi. Maka implementasi SAKTI ini akan menjawab lebih simpel dan lebih mudah dalam pengelolaan keuangan di masing-masing satker.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

PENGADUAN

Search