Gedung Keuangan Negara I Denpasar
Jalan Dr. Kusuma Atmaja Renon Denpasar

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Advokasi Implementasi Pengarusutamaan Gender

Dalam rangka meningkatkan kualitas implementasi kebijakan yang responsif gender pada Kantor Wilayah  Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali telah diadakan diskusi internal pegawai dengan mendatangkan narasumber dari  Kepala Bagian Perencanaan Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal, dan Gender Adviser (Ibu Yulfita).

 

 

 Kegiatan advokasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Ibu Wiwin Istanti. Pada kesempatan ini beliau  memberikan pengarahan kepada seluruh pegawaii untuk menanamkan motivasi akan pentingnya imlementasi pengarusutamaan gender (PUG) pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali dan mengajak seluruh pegawai untuk dapat belajar dan berdiskusi mengenai konsep implementasi PUG. Setelah itu diberikan juga arahan oleh Kepala Bagian Perencanaan Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal yang kemudian dilanjutkan dengan advokasi oleh Pakar Gender dari AIPEG yaitu Ibu Yulfita. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Yulfita mengupas banyak mengenai Imlementasi PUG, Pentingnya PUG pada sektor pembangunan mandatori, Capaian dan tantangan dalam implementasi PUG serta latihan menganalasis pemenuhan kebutuhan  masing - masing gender. Salah satu poin konsep yang disampaikan oleh Ibu Yulfita adalah perbedaan Gender dan Sex (Jenis Kelamin).

 

 "Jenis Kelamin merupakan perbedaan antara laki - laki dan perempuan secara biologis (kodrati) dan tidak dapat dipertukarkan sedangkan  Gender merupakan perbedaan peran antara laki - laki dan perempuan berdasarkan  karakteristik sosial budaya dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman". Manfaat dilaksanakannya kegiatan advokasi ini sangat dirasakan oleh seluruh pegawai karena selain menambah wawasan mengenai pengarusutamaan gender, juga memotivasi kami untuk mengimplementasikan PUG dalam kebijakan guna menunjang peningkatan kinerja pegawai pada khususnya dan kinerja organisasi pada umumnya.

Pada pertengahan sesi diskusi, berkesempatan juga kami mendapatkan pengarahan dan motivasi dari  Bapak Dirjen Perbendaharaan, Bapak Marwanto Harjowiryono. Beliau sangat mengapresiasi usaha dan inovasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali yang rensponsif gender sehingga dipercaya bisa menjadi wakil Ditjen Perbendaharaan dalam lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender Kementerian Keuangan Tahun 2017 dan diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi kantor vertikal Ditjen Perbendaharaan lainnya.

Kontributor : Tim Kehumasan

 

 

 

   

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search