Gedung Keuangan Negara I Denpasar
Jalan Dr. Kusuma Atmaja Renon Denpasar

Berita

Seputar Kanwil DJPb

I KOMAng

Tautan unduh I KOMAng

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali setiap bulannya menyajikan Dashboard yang berisi infografis terkait anggaran dan realisasi APBN serta APBD di wilayah provinsi Bali yang menjadi tugas pokok dan fungsi (tusi) Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Hal ini bertujuan agar para Pemerintah Daerah ataupun Pemangku Kepentingan dapat mengetahui kondisi nyata serta memanfaatkannya untuk kebutuhan terkait.

Dalam perjalanannya, penamaan ataupun judul infografis yang secara rutin dibuat ini dirasa perlu untuk dibuat agar dapat mudah disebutkan, mudah diingat serta menjadi ciri khas Kanwil DJPb Provinsi Bali. “I KOMAng” yang merupakan singkatan dari “Informasi Keuangan Online dan Monitoring Anggaran” adalah nama yang disepakati untuk dijadikan nama infografis ini.

Adapun dasar pemikiran dalam pemilihan nama ini adalah sebagai berikut :

  1. DEFINISI. Secara keseluruhan, I Komang merupakan identitas untuk Laki-laki nomor 3 (tiga) ataupun kelipatannya. Dalam tatanan masyarakat Bali, nama depan seseorang untuk awalan “I” merupakan identitas untuk anak laki-laki, dimana untuk anak perempuan menggunakan awalan “Ni” diikuti nama yang pada umumnya diberikan berdasarkan urutan kelahiran pada keluarga itu sendiri, dimana secara lengkap strukturnya adalah sebagai berikut:
    1. Anak Pertama : Gede, Putu, Wayan
    2. Anak Kedua : Kadek, Made, Nengah
    3. Anak Ketiga : Komang, Nyoman
    4. Anak Keempat : Ketut
    5. Selanjutnya : (diulang dari awal) dapat dilihat bahwa nama Komang merupakan identitas untuk anak ke-3 (tiga).
  2. FILOSOFI. Angka 3 (tiga) merupakan angka yang dirasa banyak kaitannya dengan Kanwil DJPb Provinsi Bali. Terdapat beberapa hal yang terkait, diantaranya:
    1. Organisasi, 
      • Kanwil DJPb Provinsi Bali membawahi 3 (tiga) KPPN sebagai kantor pelayanan yang tersebar di wilayah provinsi Bali, yaitu KPPN Denpasar, KPPN Singaraja, dan KPPN Amlapura,
      • Logo DJPb terdiri dari 3 (tiga) garis yang meruncing dengan 3 (tiga) warna, yaitu Biru Tua, Biru Muda, dan Kuning keemasan.
    2. Harapan, dalam keluarga Pandawa pada Epos Mahabharata, Arjuna merupakan Putra ke 3 (tiga) dari 5 bersaudara, dimana sang Arjuna dikenal memiliki karakter yang menarik yaitu Berpenampilan Menarik, Teguh Pendirian, Cerdas, Tulus, Bersih, Mahir memanah (fokus). Kelima karakter tersebut pada prinsipnya memiliki banyak kesamaan dengan Nilai-nilai Kementerian Keuangan sehingga diharapkan para Pejabat maupun Pegawai di lingkungan DJPb pada Umumnya, serta Kanwil DJPb Provinsi Bali pada khususnya, dapat meneladani karakter-karakter positif tersebut.

 Terkait dengan hal tersebut diatas, dengan ini kami sampaikan bahwa Informasi Keuangan Online dan Monitoring Anggaran (I KOMAng) di Provinsi Bali dipublikasikan dengan surat Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bali nomor S-2299/WPB.22/2022 tanggal 12 Desember 2022 Hal : Informasi Keuangan Online dan Monitoring Anggaran (I KOMAng) di Provinsi Bali tahun 2022, atau dapat diakses di sini.

Kami harapkan informasi ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya untuk kepentingan yang terkait

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search