KAWAL PENYALURAN DANA DESA DAN BLT DESA KANWIL DJPb ADAKAN FOCUS GROUP DISCUSSION

Serang, djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/banten - Dalam rangka percepatan penyaluran Dana Desa dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa tahun 2020, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Percepatan Penyaluran Dana Desa dan BLT Desa tahun 2020 dengan peserta kegiatan terdiri atas Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten serta DPMD Kabupaten penerima Dana Desa.

 

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 02 Desember 2020 dibuka oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten, Ade Rohman. Dalam pembukaannya Ade Rohman menyampaikan bahwa dengan terbitnya Perpu nomor 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi COVID-19 dan/atau dalam rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau stabilitas Sistem Keuangan, maka Dana Desa dapat digunakan untuk kegiatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Disampaikan juga bahwa tahun anggaran 2020, alokasi Dana Desa Provinsi Banten lebih dari Rp 1,1 triliun yang di salurkan kepada 1.238 desa yang tersebar di empat Kabupaten. Ade Rohman sangat mengapresiasi kerja keras semua pihak yang telah menuntaskan  penyaluran Dana Desa Tahap I dan Tahap II, dan diharapkan penyaluran Tahap III untuk segera dilaksanakan mengingat batas waktu penyampaian syarat salur Dana Desa Tahap III ke KPPN tinggal hitungan hari, yaitu tanggal 14 Desember 2020.

 

Selanjutnya Widarto Susilo, Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran (PPA) IIC menyampaikan kinerja penyaluran Dana Desa Provinsi Banten per tanggal 01 Desember 2020 yang dipantau melalui Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) telah terserap Rp934,17 miliar atau 84,2 persen dari total pagu. Sementara untuk kinerja BLT Desa berdasarkan data dari DPMD Provinsi Banten per tanggal 20 Oktober 2020 telah salur kepada 755.339 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau sebesar Rp377,67 miliar.

 

Pada akhir kegiatan dengan dipandu oleh moderator Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II, Nur Amalia dilaksanakan sharing session dari KPPN dan DPMD mengenai progress penyaluran Dana Desa tahap III dan menyampaikan kendala apa saja yang dihadapi oleh DPMD dalam penyaluran Dana Desa.

 

Untuk selanjutnya diharapkan dengan diskusi yang telah dilaksanakan pada FGD ini, percepatan penyaluran Dana Desa dan BLT Desa dapat terlaksana sebelum batas akhir tanggal 14 Desember 2020.

 

 

 

 

kontributor: Catur Rini Ariyanti

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

Search