JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

FGD Hasil Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan I Tahun Anggaran 2021 Satker Lingkup Kanwil DJPb DIY

Yogyakarta, 8 April 2021

 

FGD EPA Sebagai Bentuk Sinergi Untuk Tingkatkan Kualitas Pelaksanaan Anggaran
 
Untuk menjamin efektivitas pelaksanaan anggaran, efesiensi penggunaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi dalam pelaksanaan anggaran diperlukan kegiatan Monev Pelaksanaan Anggaran belanja Kementerian/ Lembaga (K/L).
 
Kegiatan tersebut salah satunya dilakukan melalui aktivitas pembinaan dan pengendalian pelaksanaan anggaran secara terus menerus dan berkesinambungan, berdasarkan hasil aktivitas pemantauan dan evaluasi kinerja dan perkembangan pelaksanaan anggaran tahun berjalan dan dilakukan melalui forum komunikasi/ koordinasi dalam Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (EPA) K/L yang melibatkan satuan kerja.
 
Untuk tahun 2021, kegiatan EPA dilaksanakan secara bulanan, dengan pokok bahasan progress belanja K/L, refocussing belanja, percepatan belanja dan belanja Penanganan Covid Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN). Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I, Tamiru dalam sambutan yang dibacakan Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran IB, FX Susetya Yudianta pada FGD EPA Triwulan I Tahun 2021 tanggal 8 April 2021. FGD diselenggarakan dalam rangka koordinasi permasalahan pelaksanaan anggaran serta diikuti oleh satuan kerja perwakilan 12 K/L yang terkait dengan pokok bahasan tahun ini.
 
Selanjutnya dalam sesi diskusi terkait permasalahan pelaksanaan anggaran, bertindak sebagai narasumber, Treasury Management Representatif, Lestari yang menyampaikan beberapa hasil EPA Triwulan I tahun 2021, yaitu permasalahan belanja utama yang dihadapi satker berupa tertunda/mundurnya beberapa kegiatan karena pandemi Covid-19, adanya revisi pada tingkat DJA, adanya penghematan/ refocussing anggaran, proses pengadaan yang membutuhkan koordinasi dengan UKPBJ pusat sehingga memerlukan waktu yang lebih lama, kualitas kompetensi SDM, lambatnya proses tagihan dari pihak ketiga, dan besarnya anggaran yang diblokir.
 
Terkait belanja PC PEN, sebagian besar satker menyatakan bahwa belum mengetahui terkait alokasi belanja PC PEN, karena belum memperoleh informasi mengenai PC PEN dari Kantor Pusat/Eselon I. Atas hasil EPA tersebut kemudian dilakukan pendalaman, dalam sesi dialog dengan perwakilan K/L yang hadir, sekaligus untuk mengidentifikasi permasalahan pelaksanaan anggaran yang mungkin terjadi pada bulan-bulan berikutnya di tahun 2021 ini. Diharapkan satuan kerja dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta dapat bersinergi melalui evaluasi secara periodik dan berkesinambungan sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran.
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search