JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Kemenkeu Mengajar "Dari Kami Untuk Negeri" Edukasi Kepada Generasi Muda akan pentingnya Peranan Keuangan Negara

Yogyakarta, 23 Oktober 2023

 

Halo Sobat #Intress,
 
Kegiatan Kemenkeu Mengajar dilaksanakan rutin setiap tahun dan kali ini merupakan kali kedelapan kegiatan ini dihelat. Kemenkeu Mengajar 8 (KM8) mengusung tagline “Dari Kami Untuk Negeri”. KM8 dilaksanakan serentak pada Senin, 23 Oktober 2023 di 102 kota/kabupaten di seluruh Indonesia serta 6 tempat di luar negeri (Tokyo, Bangkok, Johor Bahru, Kuala Lumpur, Singapura, Sarawak). KM8 ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-77.
 
Dalam kegiatan KM8 ini relawan mengenalkan peran Kementerian Keuangan dalam membangun dan menjalankan negara, seperti tugas pokok dan fungsi Kementerian Keuangan, serta budaya nilai-nilai Kementerian Keuangan. Selain itu para relawan juga memperkenalkan fungsi dan peran APBN sebagai instrumen penting untuk menjaga dan melindingi perekonomian Indonesia.
 
Kemenkeu Mengajar mengusung semangat kesukarelaan. Biaya yang ditimbulkan atas penyelenggaraan kegiatan ini tidak dibebankan pada APBN. Relawan meyakini bahwa masa depan Indonesia yang lebih baik adalah imbalan yang pantas atas upaya Kemenkeu Mengajar untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa.
 
Perwakilan Kemenkeu DIY tahun ini menyelenggaraan kegiatan KM8 berkolaborasi dengan 8 sekolah, baik tingkat SD, SMP, SMA sederajat. Kedelapan sekolah tersebut meliputi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan, SD IT Alam Nurul Islam, SMP N 3 Prambanan, SMP N 1 Bantul, SMP N 3 Sentolo, SMP N 4 Tempel, SMA Kolese De Britto, dan SMK Penerbangan AAG Adi Sucipto.
 
Semua sekolah kolaborator KM8 Yogyakarta merupakan sekolah-sekolah inspiratif yang terpilih berdasarkan beberapa kategori, yatu inovasi pembelajaran sekolah, prestasi sekolah, semangat di tengah keterbatasan, dan hal-hal lain yang menjadi nilai tambah dibandingkan sekolah lainnya.
 
Kepala Kanwil DJPb DIY yang juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan Kemenkeu, Agung Yulianta, didampingi oleh Kepala KPKNL Yogyakarta yang juga menjabat sebagai Sekretaris Perwakilan Kemenkeu DIY, Jati Wiryawan membuka acara KM8 secara simbolis di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto (23/10).
 
Selepas membuka acara KM8 di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto, Kepala Perwakilan Kemenkeu DIY turut mendapingi Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional, Parjiono, mengajar dan memberikan inspirasi kepada siswa-siswa SMP N 1 Bantul.
Ada kegiatan yang menarik di KM8 Yogyakarta, yaitu pengenalan anjing pelacak K-9 di SMK Penerbangan AAG Adi Sucipto dan SMA Kolese De Britto . Unit K-9 ini digunakan untuk membantu tugas Kementerian Keuangan dalam menjaga arus barang masuk di bandara dan pelabuhan dari barang-barang berbahaya.
 
Sekolah-sekolah tempat pelaksanaan KM8 Yogyakarta juga akan menampilkan performance unggulan masing-masing. Misal saja para siswa di SMK Penerbangan AAG Adi Sucipto akan menampilkan marching band dan juga karawitan.
 
Sungguh menarik bukan rangkaian KM8? Kemenkeu Mengajar, Dari Kami Untuk Negeri!
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search