JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Kanwil DJPb DIY Dorong Pemda Maksimalkan Peluang Investasi Daerah melalui FGD Alternatif Sumber Pembiayaan Daerah

Yogyakarta, 21 November 2023

 

Halo Sobat #InTress
 
Kanwil DJPb DIY Dorong Pemda maksimalkan peluang investasi daerah melalui FGD Alternatif Sumber Pembiayaan Daerah.
 
Sebagai Regional Chief Economist (RCE) dan Financial Advisor di daerah, Kanwil DJPb DIY menjadi fasilitator dalam penyelenggaraan FGD Alternatif Sumber Pembiayaan Daerah dengan mengundang 25 Instansi perwakilan dari Pemda dan BLUD di lingkungan Provinsi DIY (21/11).
 
Dilatarbelakangi oleh masih terbuka lebarnya peluang investasi daerah yang dapat mendorong pemenuhan layanan dasar masyarakat serta pertumbuhan ekonomi di daerah, sedangkan di sisi lain adanya tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dalam mewujudkan investasi yang ada di wilayahnya diantaranya adalah keterbatasan dana dan instrumen investasi, serta penyusunan analisis kelayakan investasi, FGD kali ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Sistem Manajemen Investasi DJPb dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).
 
Kepala Kanwil DJPb DIY dalam keynote speechnya menyampaikan, setidaknya terdapat tiga alasan mengapa pembiayaan/utang harus dipilih oleh satu entitas baik entitas pemerintah maupun individu, yaitu:
1. Kebutuhan yang mendesak dan tidak ada alternatif lain selain pembiayaan/utang, misalnya pada saat mengatasi wabah Cofid-19.
2. Menjaga momentum agar tidak mengalami opportunity loss.
3. Kenaikan harga property/tanah lebih cepat dari laju inflasi dan lebih tinggi dari suku bunga pada bank.
 
Selain bertujuan untuk mensosialisasikan program-program pembiayaan infrastruktur di daerah, FGD ini diselenggarakan juga untuk meningkatkan pemahaman stakeholder/BLUD/pemda terkait program pembiayaan infrastruktur di daerah, pengumpulan data peluang investasi dalam rangka peluang investasi di DIY serta meningkatkan kerjasama dan komunikasi antara Kementerian Keuangan dalam hal ini Kanwil DJPb DIY dengan Pemda di lingkup DIY dalam bidang investasi daerah.
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search