JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Amplifikasi Peran Fiskal Kepada Masyarakat, Kanwil DJPb DIY Paparkan Pemanfaatan Anggaran di D.I. Yogyakarta

Yogyakarta, 24 Januari 2024

 

Sebagai instrumen Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, APBN difokuskan kepada prioritas pembangunan yang langsung bersinggungan dengan kebutuhan masyarakat seperti pengendalian inflasi, penurunan prevalensi stunting, penghapusan kemiskinan ekstrem, dan peningkatan investasi. Dalam rangka amplifikasi peran fiskal dan membahas capaian anggaran tahun 2023 dan pengelolaan APBN tahun 2024, TVRI stasiun Yogyakarta meminta penjelasan kepada Kanwil DJPb Provinsi D.I. Yogyakarta dalam acara bertajuk Jogja Hari ini. Bertindak sebagai narasumber Asri Isbandiyah Hadi, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Angaran I menyampaikan kinerja belanja negara yang dikelola oleh satker Kementerian/Lembaga dan transfer ke daerah. Kabid PPA I juga menyampaikan meskipun pelaksanaan anggaran mengalami banyak kendala namun kinerja anggaran di tahun 2023 masih dalam kategori sangat baik, yang tercermin dari nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Kanwil DJPb DIY sebagai BUN. Dalam upaya memitigasi kendala tersebut di tahun 2024, Kanwil DJPb DIY dan KPPN sebagai instansi vertikal telah melakukan pertemuan dengan seluruh satuan kerja untuk menekankan strategi pengelolaan anggaran yang berkualitas.

 

Dalam menjaga tata Kelola pelaksanaan anggaran, Kanwil DJPb Provinsi D.I. Yogyakarta berkomitmen membuka layanan komunikasi dan konsultasi berbasis inovasi. Pengawalan pengelolaan anggaran juga dilakukan sesuai fungsi DJPB yang tidak hanya sebagai Treasurer, namun juga sebagai Regional Chief Economist (RCE) dan Financial Advisor (FA). Perwujudan peran ini antara lain melalui penyusunan kajian dan rekomendasi yang bermanfaat untuk penerapan kebijakan di tingkat Daerah. Dengan kolaborasi ini, diharapkan satker dan SKPD dapat meningkatkan dan menjaga akuntabilitas pelaksanaan anggaran sehingga dampak belanja yang telah digelontorkan benar-benar berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan.

 

Tautan livestreaming: https://www.youtube.com/watch?v=BScj6mtXrsU

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search