KPPN Bandar Lampung
Jl. Gatot Subroto No. 91, Kedamaian, Kota Bandar Lampung - 35128

Penyampaian Informasi Program Pembelajaran Sertifikasi Bendahara dan Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN dan Analis Pengelolaan Keuangan APBN pada Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan Tahun 2024 (S-539)

Menindaklanjuti Nota Dinas nomor ND-349/PB.7/2024 tanggal 8 Maret 2024 hal  Penyampaian Informasi Program Pembelajaran Sertifikasi Bendahara dan Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN dan Analis Pengelolaan Keuangan APBN pada Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan Tahun 2024, dengan ini disampaikan sebagai berikut:

  1. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan standardisasi kompetensi pengelola keuangan APBN pada Kementerian/ Lembaga/ Satuan Kerja Perangkat Daerah/ Institusi lainnya (KLDI), Pusdiklat AP menyelenggarakan Program Pembelajaran Sertifikasi Bendahara, serta Program Pembelajaran bagi Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN (JF PK APBN) dan Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN (JF APK APBN) pada tahun 2024.
  2. Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat pemutakhiran informasi terkait pelaksanaan program pembelajaran dimaksud, sebagai berikut:

a. Program Pembelajaran Sertifikasi Bendahara:

  • Pada Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Bendahara Pengeluaran/ Bendahara Pengeluaran Pembantu, terdapat pengalokasian kelas khusus bagi internal pegawai Kementerian Keuangan berdasarkan hasil AKP Reguler tahun 2024;
  • Pada Pelatihan Bendahara Penerimaan, terdapat perubahan metode pembelajaran yang semula dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan Jarak Jauh (PJJ), menjadi E-Learning Asychronuous melalui Kemenkeu Learning Center (KLC). Pembelajaran akan dilaksanakan sebanyak 9 JP selama 5 (lima) hari kerja, termasuk ujian komprehensif dan ujian sertifikasi pada 2 (dua) hari terakhir pelatihan;

sebagaimana informasi terlampir;

b. Program Pembelajaran bagi JF PK APBN dan JF APK APBN:

  • Pelatihan pembentukan bagi JF PK APBN dan JF APK APBN, akan difasilitasi melalui program open access dalam bentuk E-Learning Jabatan Fungsional Pranata Keuangan dan Analis Pengelolaan Keuangan APBN, melalui KLC yang dapat diakses secara fleksibel mulai tanggal 18 Maret 2024. Adapun peserta pelatihan diutamakan adalah JF PK APBN dan JF APK APBN yang belum pernah mengikuti pelatihan tersebut sebelumnya;
  • Pelatihan perpanjangan bagi JF PK APBN dan JF APK APBN, akan difasilitasi melalui program E-Learning terjadwal. Target utama peserta adalah JF PK APBN yang akan naik ke jenjang Mahir dan jenjang Penyelia, serta JF APK APBN yang akan naik ke jenjang Ahli Muda dan jenjang Ahli Madya. Pelatihan tersebut akan dilaksanakan dalam rentang waktu bulan Mei s.d. Juni 2024.
  1. Berkenaan hal di atas, diminta bantuan untuk Kuasa Pengguna Anggaran agar menyampaikan updating Program Pembelajaran dimaksud kepada seluruh satker mitra kerja, serta menghimbau para Pejabat Fungsional PK APBN dan APK APBN di lingkup unit kerja masing-masing, untuk melakukan updating profil/capaian kinerja pada aplikasi E-Jafung (e-jafung.kemenkeu.go.id).
  2. Untuk itu informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran Program Pembelajaran Sertifikasi Bendahara, serta JF PK APBN dan JF APK APBN dimaksud, dapat mengakses tautan http://bit.ly/SWIPe-AP, atau menghubungi Sdr. Hiba Rahmad Budiman (087855679894) dan Sdr. Ahmad Khusnadi (081343636106) sebagai narahubung pada Pusdiklat AP.

Unduh S-539/KPN.0801/2024 disini:

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

PENGADUAN INTERN SEKSI MSKI

0877-7551-0571
mskilampung017@gmail.com

 

PENGADUAN

 

Search