Jl. Mayjen DI Panjaitan No.10, Banjarmasin – 70114

Berita

Seputar KPPN Banjarmasin

Awal Januari KPPN Banjarmasin Salurkan Rp217 Miliar Dana BOS Untuk 2974 Sekolah

 

BANJARMASIN – Jumat kemarin (12/01), KPPN Banjarmasin telah menyalurkan dana BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan) tahap pertama sebesar Rp217,38 miliar ke satuan pendidikan pada lima wilayah pemerintah daerah mitra kerjanya. Penyaluran pada tahun ini menjadi yang tercepat dibandingkan penyaluran pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, KPPN Banjarmasin mengelola dana BOSP sebesar Rp477,86 miliar rupiah untuk disalurkan ke satuan pendidikan di wilayah Pemprov Kalimantan Selatan, Pemkot Banjarmasin, Pemkot Banjarbaru, Pemkab Banjar, dan Pemkab Barito Kuala. Dana tersebut terbagi menjadi 3 jenis, diantaranya dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang diperuntukan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sebesar Rp425,56 miliar, dana BOP PAUD (Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini) yang diperuntukkan bagi satuan pendidikan yang menyediakan layanan pendidikan usia dini sebesar Rp30,75 miliar, dan dana BOP Kesetaraan (Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan) yang diperuntukkan bagi satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan sebesar Rp21,55 miliar.

Pada tahap pertama ini, dana BOSP disalurkan sebanyak 50% dari pagu anggaran. Setelah mendapatkan rekomendasi penyaluran dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), Kementerian Keuangan, KPPN Banjarmasin segera memproses penyaluran dana BOSP untuk langsung disalurkan ke rekening satuan pendidikan penerima. Jumlah dana BOSP yang disalurkan pada tahap ini yaitu sebesar Rp217,38 miliar yang tediri dari dana BOS sebesar Rp193,35 miliar untuk 1511 sekolah, dana BOP PAUD sebesar Rp13,76 miliar untuk 1402 sekolah, dan dana BOP Kesetaraan Rp10,28 miliar untuk 61 sekolah.

Untuk mendukung akselerasi penyaluran dana BOSP ini, sebelumnya KPPN Banjarmasin juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan BPD Kalsel terkait pemenuhan persyaratan dan penatausahaan rekening penerima sehingga penyaluran BOSP tahun ini dapat berjalan dengan lancar, tepat waktu, dan tepat penerima.

“Pada tahun ini, penyaluran dana BOSP menjadi yang tercepat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini tidak terlepas dari sinergi dan koordinasi yang baik dari semua pihak yang terlibat. Kami mengapresiasi kerja keras dari pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan karena dapat mengawal dan memenuhi persyaratan penyaluran dengan cepat dan tepat sehingga penyaluran BOSP tahap pertama ini dapat berjalan dengan baik. Kami harapkan penyaluran ini dapat menjadi titik awal yang baik untuk penyaluran-penyaluran berikutnya”, jelas Kepala KPPN Banjarmasin, Bapak Tri Ananto Putro. [SNI]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 

IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search