Banyuwangi

Berita

Seputar Kanwil DJPb

SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI DIGITAL PAYMENT-MARKETPLACE (DIGIPAY)

Dalam rangka Digitalisasi pengelolaan keuangan negara melalui pemanfaatan teknologi informasi dan Implementasi Virtual Account dan Kartu Kredit Pemerintah yang membuka kesempatan untuk berinovasi membangun ekosistem digital belanja negara, yang melibatkan satker, perbankan, dan vendor (UMKM) telah dikembangkan Digital Payment Ecosystem dan System Marketplace guna mendorong efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas belanja negara, serta memberdayakan vendor yang sebagian besar merupakan UMKM.

Untuk mengenalkan dan memperluas implementasi Digital Payment Ecosystem dan System Marketplace tersebut, KPPN Banyuwangi mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis Aplikasi Digital Payment-Marketplace (Digipay) secara daring yang dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Maret 2021 dan diikuti oleh seluruh operator satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Banyuwangi.

Kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis Aplikasi Digital Payment-Marketplace diawali sambutan oleh Kepala KPPN Banyuwangi, Biworo Hariwidjaja. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada para peserta kegiatan sosialisasi yang bersedia hadir memenuhi undangan KPPN Banyuwangi meskipun secara daring karena pandemi yang belum berlalu dan belum memungkinkan untuk tatap muka. Beliau juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo pada saat penyampaian Nota Keuangan APBN 2021 menyatakan Salah satu arah kebijakan APBN 2021 adalah mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital  dan untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya telah dikembangkan Digital Payment Ecosystem dan System Marketplace, dan diharapkan seluruh satuan kerja menyiapkan diri untuk mendukung dan mengimplementasikan Digital Payment Ecosystem dan System Marketplace tersebut.

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Pejabat Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara KPPN Banyuwangi, Lukas Desie Palintong, hal yang disampaikan sebagai berikut :

  • Tema APBN 2021: “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Informasi”.
    1. Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi Covid-19;
    2. Mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan produktivitas;
    3. Mempercepat transformasi ekonomi menuju era ekonomi digital;
    4. Pemanfaatan dan antisipasi perubahan demografi.
  • Marketplace adalah sistem layanan pemesanan dan pengadaan barang/jasa secara elektronik dalam penggunaan Uang Persediaan.
  • Digipay atau Digital Payment adalah Pembayaran dengan mekanisme elektronik yaitu melalui Cash Management System dan KKP dari rekening Bendahara Pengeluaran secara elektronik ke Rekening Penyedia Barang/jasa.
  • Salah satu fokus dari Marketplace ini adalah pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemberdayaan UMKM ini diarahkan melalui digitalisasi UMKM.
  • Implementasi Virtual Account dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) membuka kesempatan untuk berinovasi membangun ekosistem digital belanja negara, yang melibatkan satker, perbankan, dan vendor (UMKM). Digital Payment – Marketplace mengintegrasikan satker pengguna APBN, UMKM sebagai penyedia barang/jasa, dan perbankan dalam satu ekosistem.
  • Penggunaan marketplace – Digipay akan memberikan kemudahan dalam proses pengadaan barang/jasa dengan tetap mengutamakan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara (khususnya UP).
  • Para vendor khususnya UMKM diharapkan memperoleh akses lebih banyak ke instansi pengelola APBN dalam penyediaan barang/jasa dengan kemudahan-kemudahan dalam proses pendaftaran. Saat ini baik rekening giro maupun rekening tabungan biasa, dapat digunakan untuk pendaftaran sebagai vendor di Marketplace.
  • Setiap satker diharapkan dapat mendorong vendor-vendor yang selama ini sudah menjadi langganan maupun vendor-vendor lainnya (khususnya UMUM) untuk menjadi pengguna Marketplace-Digipay.

Selain narasumber dari KPPN Banyuwangi, terdapat narasumber dari BRI KC Banyuwangi yaitu Bpk. Nisam & Bpk. Yogata yang memberikan materi tentang tata cara pengoperasian aplikasi Digipay002.

Sosialisasi hari kedua diisi narasumber dari Bank Mandiri KC Banyuwangi yaitu Ibu Anisah Umar bersama dari Mandiri Area Jember yaitu Ibu Endah yang memberikan materi tentang tata cara pengoperasian aplikasi Digipay008.

Dengan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis Aplikasi Digital Payment-Marketplace (Digipay) diharapkan mampu meningkatkan implementasi belanja negara melalui sistem marketplace Digipay, peningkatan terjadi baik pada jumlah satker, jumlah transaksi, tetapi juga pada jumlah vendor. [yl]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Banyuwangi
Jalan A. Yani No. 120 Banyuwangi 68416
Tel: 0333-410969 Fax: 0333-410078
Surel: kppn100@kemenkeu.go.id
Saluran Pengaduan: 08113196100
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search