Jalan Majapahit GKN, Biak – Papua 98111

Berita

Seputar KPPN

Kegiatan Pojok Keuangan

Kamis, 01 Oktober 2020, Kepala KPPN Biak (Bgi Iswanto) dengan didampingi Kasi Vera-KI (Suganda) dan Staf Pelaksana Veraki (Mas Syaiful) melaksanakan siaran Pojok Keuangan RRI Biak 96.1FM. Pada kesempatan tersebut disampaikan mengenai Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, serta upaya yang dilaksanakan dalam meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Selama berlangsungnya acara, beberapa hal penting, antara lain siklus anggaran, mulai dari perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban, proses/mekanisme penyusunan LKPP yang merupakan hasil konsolidasi dari LKBUN dan LKKL.

Selanjutnya, disampaikan pula upaya upaya yang telah di lakukan oleh Kementerian Keuangan, agar LKPP yang disusun dan disampaikan kepada BPK RI, mendapatkan opini WTP pada LHP LKPP. Beberapa tantangan dalam progres mencapai WTP yang harus dihadapi baik mulai tingkatan koordinasi di Kementerian sampai dengan di tingkat unit kerja dibawah, dapat di rangkum dalam 4 tantangan besar, yaitu Komitmen Stkeholder, Keterbatasan SDM, Sistem Informasi, dan Kompleksitas Transaksi (Paparan Dirjen Perbendaharaan-Marwanto Harjowiryono Tgl. 12-12-2017/Strategi Mencapai Opini WTP LKPP).

Tentunya masih banyak lagi yang disampaikan, namun sebagai penutup, disampaikan secara real upaya KPPN Biak dalam mendukung pencapaian opini WTP LKPP, seperti Pendampingan (CSO, Bimtek, Kelas Pendampingan Online), Koordinasi yang baik melalui pemanfaatan WAG, serta Peningkatan kemampuan SDM agar lebih responsif dalam membantu permasalahan smitra satker KPPN Biak.

Tak lupa apresiasi yang tinggi kepada para mitra satker yang telah berkomitmen dalam mendukung pelaksanaan pelaporan keuangan secara benar dan tepat waktu, aktif dalam koordinasi penyelesaian permasalahan, serta menyampaikan saran dan masukan terkait pelaporan keuangan.

Perkembangan yang positif saat ini diharapkan tetap menjadikan komitmen dalam pencapaian WTP pada LKPP TA.2020 kedepan juga dapat diraih, mengingat secara berturut turut dari 2016 s.d. 20 Juli 2020 BPK telah memberikan opini WTP atas hasil kerja keras kita bersama. Perkembangan yang baik tersebut terlihat dari penurunan penerbitas SP2S yang turun sangat drastis dari sebelumnya tahun 2019 sebanyak 11 SP2S, dan saat ini cukup hanya 2 SP2S dengan harapan tidak bertambah lagi jumlahnya ??? TOP SEKALI...

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan saat ini, semoga semua mitra satker sehat selalu dan dapat beraktifitas dengan lancar.. Aamiin.

#MengawalAPBNIndonesiaMaju
#DJPBMANTAP
#KPPNBiakBAIK

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search