Jalan Majapahit GKN, Biak – Papua 98111

Berita

Seputar KPPN

KEGIATAN CAPACITY BUILDING KPPN BIAK 2020

Dalam rangka menginternalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan khususnya sinergi diantara unit kerja dan pegawai lingkup KPPN Biak, serta penerapan life balance antara pekerjaan dengan kegiatan refreshing untuk kesegaran dan kesehatan mental pegawai. Kegiatan capacity building tersebut, merupakan salah satu agenda tahunan dan tercantum pada rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi KPPN Biak Tahun 2020. Semula, direncanakan dilaksanakan pada bulan November, namun dengan mempertimbangkan jadwal pelaksanaan anggaran dan pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional, perlu dilakukan percepatan dan perubahan jadwal pelaksanaannya.

Adapun Tujuan pelaksanaan kegiatan capacity building KPPN Biak adalah sebagai berikut; (1) Internalisasi nilai Kementerian Keuangan “Sinergi”; (2)Pelaksanaan agenda rencana kerja pembangunan ZI WBK; (3) Mempererat silaturahmi antar pegawai dan keluarga di lingkup KPPN Biak; (4) Acara pelepasan Saudara Yunan Rahmanto yang akan Mutasi ke KPPN Ternate; (5) Sebagai sarana untuk menjaga kesehatan mental pegawai KPPN Biak; (6) Mendukung program PEN.

Adapun Rincian Kegiatan Capacity Building KPPN Biak Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Pelaksanaan Capacity Building 
    • Pembahasan Agenda Kegiatan

    Dilakukan rapat pembahasan pelaksanaan capacity building oleh Kepala KPPN biak beserta Kasubbag Umum dan Seluruh Kepala Seksi lingkup KPPN Biak melalui rapat internal eksekutif KPPN Biak.

    • Pematangan Rencana Kegiatan dan Survei

    Dilakukan perhitungan kebutuhan alokasi dana dan hal-hal yang perlu dipersiapkan baik pemilihan tempat, akomodasi, konsumsi, dan hal lain yang perlu diantisapasi. Selanjutnya melakukan survei lapangan tempat yang akan digunakan untuk kegiatan capacity building, dengan memaksimalkan potensi manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

    Hasil pelaksanaan survei berupa perhitungan kebutuhan alokasi dana, kondisi tempat kegiatan, dan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat, dilaporkan oleh tim kepada Kepala KPPN Biak, untuk mendapatkan persetujuan.

    • Pembuatan Surat Tugas dan Sosialisasi Kepada Para Pegawai.

    Setelah disetujui oleh Kepala KPPN Biak, ditetapkan agenda kegiatan capacity building melalui surat tugas Kepala KPPN Biak Nomor ST-52/WPB.34/KP.03/2020 tanggal 16 Oktober 2020 dengan tujuan kawasan wisata Pantai Samber yang merupakan hasil swakelola masyarakat Kampung Samber-Biak.

  2. Pelaksanaan Kegiatan Capacity Building 
    • Pemberangkatan Peserta.

    Peserta capacity building yang terdiri dari PNS dan PPNPN KPPN Biak beserta keluarga berkumpul di KPPN Biak pada 12.00 WIT. Diberikan pengarahan terkait dengan agenda pelaksanaan kegiatan capacity building dan peringatan untuk menjaga keamanan anak yang dibawa tanggung jawab masing-masing pegawai, dilanjutkan dengan doa bersama. Selanjutnya, peserta diberangkatkan tepat pukul 12.30 WIT.

    • Pelaksanaan Agenda Kegiatan.

    Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan kumpul bersama, untuk mendapatkan pengarahan dari Kepala KPPN Biak, terkait dengan tema capacity building “sinergi untuk peningkatan kinerja dan prestasi”. Beberapa poin pokok yang disampaikan antara lain perlunya life balance dalam pelaksanaan tugas, serta saling mengenal antar pegawai dan keluarga pegawai, sehingga diharapkan mampu menjadi akrab dan menghilangkat sekat-sekat dalam pelaksanaan komunikasi dan koordinasi dalam pelaksanaan tugas. Selain itu, diharapkan kepada semua peserta untuk mampu menjaga kebersihan lingkungan/alam dan bersama-sama melaksanakan bersih-bersih pantai.

    Selanjutnya susunan kegiatan yang telah dilaksanakan selama capacity building, dapat disampaikan sebagai berikut:

    1. Bersih-bersih pantai;
    2. Istirahat, masak, dan makan bersama (ikan bakar dll);
    3. Acara pelepasan kepindahan Saudara Yunan Rahmanto (Mutasi tugas KPPN Ternate);
    4. Acara game ringan (ice breaking);
    5. Ishoma (Sholat Ashar); dan
    6. Acara bebas menikmati alam (berenang dan/atau bersantai).

       

  3. Pada kesempatan capacity building dimaksud, dibutuhkan 5 pondok/saung untuk menampung semua peserta dan ikan laut beserta kelengkapan bumbu masak, yang semuanya diusahakan dari masyarakat local setempat. Dengan demikian diharapkan dapat turut menyokong perputaran ekonomi masyarakat setempat.
  4. Kegiatan berakhir pada pukul 17.30 WIT dan pemulangan seluruh peserta dilaksanakan pada pukul 18.00 WIT.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search