Jalan Majapahit GKN, Biak – Papua 98111

Berita

Seputar KPPN

KUNJUNGAN KERJA KAPOLRES BIAK NUMFOR KE KPPN BIAK

Biak - Kapolres Biak Numfor, bapak  Andi Yoseph Enoch, melakukan kunjungan kerja ke KPPN Biak dan disambut langsung oleh Kepala KPPN Biak, bapak Bagong Iswanto dan segenap pejabat yang mendampingi, dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan COVID-19.

Kunjungan kerja Bapak Kapolres tersebut, selain sebagai kunjungan silaturrahmi juga dalam rangka koordinasi mengenai pelaksanaan anggaran di tahun 2021, termasuk berupaya mempertahankan capaian kinerja tahun 2020 yang sudah sangat baik dan meningkatkan capaian kinerja pelaksanaan anggaran Polres Biak Numfor sampai dengan saat ini.

Kegiatan berlanjut dalam ramah tamah dan perbincangan yang penuh dengan kekeluargaan. Banyak hal yang dibahas dalam perbincangan tersebut, antara lain:

  1. Perkembangan Kinerja Pelaksanaan Anggaran;
  2. Migrasi rekening pemerintah dari konvensional menjadi virtual account;
  3. Perkembangan Pembangunan Zona INtegritas Menujju WBK/WBBM tahun 2021;
  4. Perkembangan kondisi di Biak Numfor khusunya dalam masa pandemi.

Mengenai kinerja pelaksanaan anggaran, telah disampaikan oleh Kepala KPPN Biak mengenai kinerja Polres Biak Numfor yang sudah sangat baik, serta 13 (tiga belas) indikator yang menjadi perhatian dalam penilaian kinerja pelaksanaan anggaran.  Salah satu indikator yang menjadi perhatian adalah perencanaan anggaran yang baik, dimana revisi halaman tiga DIPA menjadi sangat urgen sebagai upaya untuk meminimalisir gap antara realisasi anggaran dengan perencanaan yang telah disusun. Dimana semua satker harus membuat rencana penarikan dananya sesuai dengan perencanaan anggaran dan dilakukan update ke dalam halaman III DIPA, dan tidak boleh sekedar membagi rata ke 12 bulan. KPPN Biak siap membantu terkait teknis perencanaan anggaran, melalui layanan konsultasi secara tatap muka dengan memperhatikan protocol Kesehatan maupun secara daring baik kelas pendampingan maupun melalui layanan WA Group Mitra KPPN Biak.

Sementara, mengenai peralihan rekening bendahara pengeluaran di tahun 2021 (masa perpanjangan-Maret 2021) yang harus sudah beralih ke virtual account, Polres Biak termasuk salah satu satker yang sudah melaksanakannya. Perlu dipahami bahwa tujuan peralihan rekening pemerintah ke virtual account, sesuai dengan PMK 183 Tahun 2019 yaitu:

  1. Simplifikasi sistem yang ada sehingga kontrol lebih mudah dilakukan dan dapat dilakukan secara realtime.
  2. Penyempurnaan sistem, dicontohkan dengan sistem yang baru ini UP yang diajukan dapat optimal dalam memberikan return yang diharapkan.
  3. Menjaga akuntabilitas laporan keuangan dan meminimalisir temuan BPK, dan
  4. Menyesuaikan dengan perkembangan IT saat ini dimana semua serba digitalisasi, relatif lebih praktis dan efesien.

Dengan adanya rekening virtual account yang terpusat, maka data idle cash yang ada di bendahara dapat dipantau dan dioptimalkan kegunaannya dalam rangka pembiayaan belanja pemerintah yang urgent dan membutuhkan kecepatan waktu.

Bapak Kapolres juga menyampaikan bahwa Polres Biak Numfor pada saat ini sedang dalam proses (akselerasi) pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Perbaikan dan penyempurnaan proses bisnis layanan Polres Biak Numfor kepada masyarakat diupayakan dapat ditingkatkan di tengah keterbatasan dan kondisi pandemi sekarang. KPPN Biak sebagai salah satu unit kerja yang telah memperoleh predikat ZI-WBK pada tahun 2020 dari KemenPAN-RB, selalu mendukung dan siap melakukan sharing knowledge/berbagi pengalaman dalam mencapai predikat ZI-WBK.

Terakhir, Kepala KPPN Biak menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas upaya POLRES Biak Numfor yang telah bersinergi dengan TNI dan Masyarakat Kabupaten Biak Numfor dalam menjaga kondisi keamanan Biak Numfor tetap kondusif. Hal ini berdampak positif pada kelancaran pelaksanaan tugas KPPN Biak dalam melayani satuan kerja, pemerintah daerah, dan masyarakat di lingkup wilayah kerja Biak Numfor dan Supiori. Terlebih dimasa pandemi COVID-19, kecepatan pencairan anggaran sangat diperlukan dalam mendukung program-program pemerintah untuk penanggulangan dampak COVID-19, seperti pencairan program PEN termasuk BLT Dana Desa yang sangat diperlukan masyarakat.

Dengan kunjungan kerja Bapak Kapolres Biak Numfor kali ini, diharapkan sinergi dan kerjasama antara Polres Biak Numfor dan KPPN Biak dapat semakin optimal dan akan meningkatkan kinerja bagi dua institusi, serta akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat pada umumnya.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search