Jalan Majapahit GKN, Biak – Papua 98111

Berita

Seputar KPPN

KOMITMEN KESIAPAN PELAKSANAAN MEMBANGUN ZI MENUJU WBBM 2021/2022

Apresiasi dan penganugerahan kepada KPPN Biak sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBBK) oleh Kementerian PAN dan RB pada tanggal 21 Desember 2020, merupakan suatu pengakuan dan kebanggan atas usaha dan kerja keras yang telah dilakukan KPPN Biak. Hal ini tentunya tidak cukup berhenti sampai di perolehan tersebut, sebagai unit kerja yang terus berinovasi dan berorientasi peningkatan kepuasan pemangku kepentingan (stakeholder) harus terus berupaya untuk mencapai peningkatan kinerja dan prestasi. Hal ini tentunya memacu motivasi segenap pegawai KPPN Biak untuk mengupayakan KPPN Biak sebagai unit pelayanan berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di level selanjutnya.

Sejalan dengan upaya dimaksud, dalam kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang dihadiri oleh seluruh pejabat administrator dan/atau Kepala Seksi VeraKI pada KPPN di lingkup wilayah kerja Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Bapak Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua (Burhani) mengingatkan kembali terkait dengan pembangunan Zona Integritas. Kegiatan Rakorwil dimaksud dilangsungkan di Jayapura pada tanggal 3-4 Maret 2021 dengan tema "Inovasi Sang Penjemput Fajar untuk Mengawal APBN Menuju Kebangkitan Ekonomi".

Pada kesempatan tersebut terdapat beberapa poin penting yang disampaikan Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua kepada seluruh peserta, yaitu mengenai langkah langkah yang diperlukan KPPN dalam mewujudkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan/atau Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), khususnya penigkatan inovasi layanan. Keeseriusan dalam meraih predikat tersebut perlu ditunjukkan dalam rasa kebersamaan dengan kerjasama dan sinergi seluruh pegawai/pejabat di lingkup Kanwil dan KPPN, guna memastikan keberhasilan kegiatan akselerasi dan pembangunan ZI WBK/WBBM 2021. Kanwil DJPb Papua akan berusaha mendorong dan membantu kebutuhan yang diperlukan KPPN dalam memenuhi terlaksananya hal-hal  tersebut

Terakhir, pesan dari Bapak Kakanwil kepada KPPN yang telah meraih predikat WBK, agar tetap berkomitmen dalam menjaga dan menyempurnakan layanan yang diberikan kepada stakeholder, sesuai dan/atau melebihi ekspektasi para stakeholder. Pencanangan Komitmen Kesiapan dalam melaksanakan pembangunan ZI WBK/WBBM 2021/2022, Pakta Integritas 2021 dan komitmen pelaksanaan pengendalian gratifikasi lingkup Kanwil DJPb Papua 2021 di lingkup Kanwil DJPb Provinsi Papua, serta penandatanganan Papua Charter. Penandatanganan Papua Charter tersebut merupakan bentuk komitmen dalam upaya mensukseskan Treasury Charter.

KOMITMEN INTERNAL KPPN BIAK

Segenap jajaran KPPN Biak bertekad dan berkomitmen dalam pembangunan zona integritas, dan konsisten menjaga integritas layanan yang sudah berlangsung sangat baik sampai dengan saat ini. Beberapa upaya yang telah dilaksanakan di internal KPPN Biak antara lain:

  1. Penandatanganan Pakta Integritas Pegawai dan Komitmen Pelaksanaan Pengendalian Gratifikasi tahun 2021;
  2. Penguatan Integritas melalui GKM Kepatuhan Internal; dan
  3. Sosialisasi Rencana Kerja Pembangunan ZI WBK/WBBM 2021 dan komitmen kesiapan pelaksanaan pembangunan ZI WBBM, jika tahun 2022 ditetapkan sebagai unit kerja yang dinilai.

Seluruh pegawai KPPN Biak menyadari predikat sebagai unit kerja berpredikat WBK merupakan suatu amanah dan tanggung jawab yang tidak mudah. Selain harus mempertahankan, segenap upaya diperlukan untuk dapat meningkatkan ke level yang lebih tinggi (WBBM).

KOMITMEN DENGAN EKSTERNAL KPPN BIAK

Sinergi dan kerjasama antara KPPN Biak dengan seluruh pemangku kepentingan (satker) di wilayah kerja Biak Numfor dan Supiori terus terjaga  dengan baik dan penuh kekeluargaan. Beberapa upaya yang sudah dilaksanakan guna menjaga komitmen tersebut yaitu:

  1. Penandatanganan Pakta Integritas KPA dengan Kepala KPPN Biak.
  2. Himbauan dan pemberitahuan mengenai program pengendalian gratifikasi saat menjelang Hari Raya.
  3. Sosialisasi HAKORDIA melalui kegiatan dan publikasi siaran di Pojok Keuangan RRI Biak, Media Sosial, dan Website KPPN Biak; dan
  4. Sosialisasi Pembangunan ZI WBK/WBBM.

Selain itu, KPPN Biak dengan tangan terbuka siap untuk menjadi salah satu sumber referensi bagi unit pelayanan lain yang sedang melaksanakan pembangunan ZI WBK tahun 2021. Beberapa contoh untit layanan di wilayah Biak NUmfor yang telah beraudeinsi dengan KPPN Biak dalam beberapa kesempatan antara lain KPKNL Biak, POLRES Biak Numfor, dan Kejaksaan Biak.

Sebagai peutup artikel kali ini, tentunya KPPN Biak menyatakan kembali kesiapan dalam melaksanakan pembangunan ZI WBK/WBBM. Serta, harapan besar yang ingin diraih secara bersama-sama dengan pemangku kepentingan yang lain, adalah wilayah kerja KPPN Biak sebagai suatu zona integritas secara keseluruhan.

 

Jousuba

KPPN BIAK BAIK; SIAP WBBM 2021/2022

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search