Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

PELATIHAN TEKNIS/TRAINING MANDIRI PENYALURAN DANA DESA TAHUN ANGGARAN 2017 KEMBALI DIGELAR KPPN CILACAP MENYONSONG PENCAIRAN TAHAP II

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap kembali menggelar kegiatan Pelatihan Teknis/Training Mandiri  Penyaluran Dana Desa Tahun 2017 Kamis (6/7). Kegiatan berlangsung di Aula Rapat KPPN Cilacap. Tampak hadir Kepala Bidang Pembinaan Pemdes, Endah SR yang didampingi Ahmad Jauhari, Dirwan, B. Sutikono dan Wahyu Wicahyanti   juga pada kesempatan itu dihadiri pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Cilacap Suryadi, S.IP, MM, Kepala Subbidang Pengelolaan Kas Daerah dan M. Yusuf Mustofa S,Kom,  Pengelola Data Pencairan Dana.

 

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, Herbudi Adrianto, di awal sambutan mengatakan Penyaluran Dana Desa melalui KPPN di seluruh Indonesia dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan Kementerian Keuangan kepada Pemerintah Daerah, meningkatkan efisiensi koordinasi dan konsultasi serta meningkatkan efektivitas kegiatan monitoring dan evaluasi. Kegiatan training mandiri ini mengusung Tema Dalam rangka Memperlancar Pencairan Dana Desa Tahun Anggaran 2017 sesuai jadwal yang ditentukan.


Peran KPPN dalam hal ini selaku KPA/PPK Penyalur melakukan verifikasi atas dokumen penyaluran Dana Desa berupa kelengkapan dokumen, kesesuaian dengan persyaratan, dan batas waktu sesuai jadwal, menatausahakan dokumen penyaluran serta melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap dalam hal ini Bupati dan Kepala BPKAD serta Kepala Dispermades yang ditandai dengan telah ditandatanganinya Pakta Integritas antara KPPN Cilacap dengan unsur Pemda Cilacap dimaksudkan untuk tetap menjaga kehati-hatian dan menghindari fraud, demikian tegas Herbudi.

 

Subur,  Kepala Seksi Veraki selaku PP SPM Penyalur  bertindak sebagai moderator training mandiri memandu acara dimulai dari paparan materi Petunjuk Teknis Penyaluran Dana Desa pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan sesuai PER-04/PB/2017 disampaikan oleh A.R. Fauzi, Pelaksana Seksi Veraki, tenaga Treasury Management Representative, juga bertindak sebagai Operator modul pelaporan DAK Fisik dan Dana Desa dengan tambahan penjelasan dari Ulung Umbardi, Kepala Seksi Bank selaku PPK Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa.

Sri Agustina, Pelaksana Seksi Bank, selaku Operator aplikasi SAKTI, OM SPAN sekaligus staf PPK Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa menyampaikan materi Online Monitoring SPAN (OM SPAN) dan simulasi penggunaan aplikasinya, OM SPAN digunakan dalam rangka memonitoring transaksi dalam SPAN dan menyajikan informasi sesuai kebutuhan yang diakses melalui jaringan berbasis web.

Pelatihan ini dimaksudkan sebagai sarana familiarisasi OM SPAN merupakan awal dari rangkaian pelatihan serupa di masa mendatang, dimana aplikasi terus dikembangkan dan disempurnakan mengikuti proses bisnis yang ada baik penambahan fitur maupun peningkatan performa aplikasinya.

Tampak antusiasme terlihat suasana akrab peserta pelatihan mengikuti dengan seksama seluruh paparan dan simulasi yang diselingi dengan diskusi hangat kesan serius tapi santai. Keseluruhan acara dari awal hingga akhir berlangsung lancar, dipandu oleh MC Pembawa Acara, Pertama Hendro Purwanto, Pelaksana Seksi Veraki yang juga selaku tenaga  Treasury Management Representative.

Subur, Kepala Seksi Veraki, sekaligus PPSPM Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa menutup kegiatan pelatihan teknis/training mandiri Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2017. Koordinasi, kerjasama yang erat dan Sinergi apik antara KPPN Cilacap dengan BPKAD diharapkan dapat terus berjalan baik dan harmonis, demikian tegas Subur.
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search