Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

PELUNCURAN KREDIT ULTRA MIKRO DI CILACAP BERSAMA MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN SUSI PUDJIASTUTI

(Cilacap, 14 Agustus 2017) Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meluncurkan program pembiayaan atau kredit untuk pengusaha ultra mikro, di Desa Pasir Angin, Megamendung, Bogor, pada hari Senin, 14 Agustus 2017. Program kredit ultra mikro ini menyasar kalangan pengusaha kecil, yang tak terjangkau perbankan karena tidak memiliki aset untuk syarat agunan pinjaman, di hampir semua sektor, seperti pertanian, perikanan, dan perdagangan.

Program ini merupakan sinergi bersama dengan kementerian lain, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Sosial, serta Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Adapun tujuan program ini adalah meningkatkan skala pengusaha ultra mikro sehingga dapat mandiri dan tak terus-menerus bergantung pada bantuan sosial.

Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan mencatat terdapat 61 juta usaha mikro hingga ultra mikro yang membutuhkan akses pembiayaan. Program kredit usaha rakyat (KUR) yang telah ada diketahui hanya dapat menangkap sekitar 17 juta pengusaha mikro, sedangkan 44 juta pengusaha ultra mikro dengan kebutuhan pembiayaan berkisar antara Rp 1-5 juta belum mendapatkannya.



Untuk program ini, pemerintah menggandeng tiga perusahaan BUMN yang memiliki karakteristik pembiayaan ultra mikro, yaitu Pegadaian, Permodalan Nasional Madani, dan Bahana Artha Ventura. Ketiga perusahaan itu nantinya akan menyalurkan pembiayaan kepada koperasi kemudian diteruskan kepada pengusaha ultra mikro (end user).

Tak hanya menyiapkan pembiayaan, pemerintah akan menyiapkan program pendampingan untuk para pengusaha ultra mikro. Mereka diharapkan dapat membuat usaha secara berkelompok, sehingga dapat mengantisipasi tingkat kredit macet (NPL).



Peluncuran program serentak ini akan dilakukan di sembilan titik, di antaranya di Megamendung, Bogor, bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati; Cawang, Jakarta Timur, bersama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa; Bojonegoro, Jawa Timur, bersama Menteri Koperasi dan UMKM A.A. Gede Ngurah Puspayoga serta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Peluncuran di semua titik tersebut akan dilakukan bersamaan melalui videoconference yang saling terhubung.



Kegiatan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Ibu Susi Pudjiastuti di Cilacap dipusatkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) satker Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap. Hadir mewakili Kementerian Keuangan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Yogyakarta Bpk. Ludiro, Plh. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Bpk. Yuni Wibawa dan Kepala KPPN Cilacap.  Pada kesempatan ini Kepala Kanwil DJPBN Provinsi DIY membacakan sambutan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menteri KKP Susi Pudjiastuti dalam sambutannya menyampaikan bahwa kredit usaha mikro ditujukan agar nelayan tidak terjerat rentenir dan bisa berkembang menjadi nelayan besar. Menteri KKP juga melakukan videoconference dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dilanjutkan dengan tanya jawab bersama ratusan nelayan Cilacap.


 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search