Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“SDM Yang Kompeten”

Sebagai salah satu pelaksanaan inisiatif strategis tahun 2019, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap melaksanakan Outdoor Study pembahasan bersama contoh soal hard competency. Bertempat di DPelataran Resto and Café pada 27 September 2019 kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kepedulian dan kesiapan para pegawai menghadapi pelaksanaan tes hard competency yang akan dilaksanakan pada triwulan IV tahun 2019.

Dalam kontrak kinerja yang telah ditandatangani, dari Kemenkeu Three-Four-Five memiliki IKU (Indikator Kinerja Utama) “Nilai penguasaan terhadap hard competency” dengan target nilai 77 dengan trajectory tahunan ada di triwulan IV. IKU ini digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman para pegawai terhadap tugas dan fungsi yang mereka jalankan, sehingga outputnya dapat dijadikan sebagai pemetaan kemampuan hard competency pegawai. Para pegawai pelaksana akan mengerjakan tes secara online yang terdiri dari beberapa soal untuk diselesaikan. Capaian IKU ini diukur berdasarkan hasil tes yang dicapai oleh masing-masing pegawai. Sedangkan untuk capaian IKU Kemenkeu Four berasal dari rata-rata nilai pegawai dalam subbag/seksi tersebut, dan capaian IKU Kemenkeu Three berasal dari rata-rata nilai capaian pada Kemenkeu four. Sesuai dengan sasaran strategis pada perspektif Learning and Growth Perspective, Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kompeten adalah SDM yang memiliki ketrampilan yang diperlukan dengan menunjukkan kemampuannya secara konsisten memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan yang spesifik dan kompetensi yang dibutuhkan untuk keberhasilan organisasi. IKU ini bertujuan untuk mendorong seluruh pegawai untuk secara berkelanjutan mempelajari dan mendiskusikan tugas dan fungsi masing-masing.

Pada kegiatan Outdoor Study ini dibahas contoh soal-soal penerimaan negara, pengeluaran negara, akuntansi dan seterusnya dari seluruh seksi/subbag yang telah dikumpulkan di “bank soal”. Para pegawai diberi kesempatan untuk membacakan soal bergiliran, memberikan jawaban  dan berdiskusi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat dicapai nilai tes hard competency yang maksimal untuk seluruh pegawai. (3W)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search