Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Rapat Koordinasi Perbankan Untuk Kawal Penerimaan Negara

Dalam rangka mengamankan penerimaan negara pada akhir tahun anggaran 2020, KPPN Cilacap mengadakan Rapat Koordinasi dengan Bank/Pos Persepsi di wilayah kerja KPPN Cilacap, Rabu, 25 November 2020. Dengan tema “Sinergi mengawal dan Mengamankan Penerimaan dan Belanja Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2020”, rapat koordinasi diikuti oleh perwakilan dari Bank/Pos Persepsi di Kabupaten Cilacap, KPP Pratama Cilacap, dan KPPBC Tipe Madya Pabean C Cilacap. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di Aula KPPN Cilacap dengan menerapkan protokol kesehatan, diantaranya pemakaian masker, pengaturan jarak tempat duduk, dan pembatasan durasi rapat.

Kepala KPPN Cilacap, Sumargono, dalam sambutannya mengharapkan kerja sama Bank/Pos Persepsi dalam penerimaan negara khususnya pada akhir tahun anggaran. Hal ini sangat penting karena di tengah banyaknya kanal-kanal pembayaran setoran penerimaan negara, banyak masyarakat yang memilih melakukan pembayaran melalui loket atau teller bank. “Tujuan kami mengundang bank/pos persepsi sebagai collecting agent dalam penerimaan negara, serta KPP Pratama Cilacap dan KPPBC Cilacap sebagai pemilik tagihan (biller)  agar pelaksanaan penerimaan negara di Kabupaten Cilacap bisa berjalan lancar,” tambah Sumargono.

Rapat koordinasi diisi dengan penyampaian 2 (dua) materi utama. Kepala Seksi Bank, Eko Suharyanto, menyampaikan materi tentang Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-20/PB/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir tahun Anggaran 2020. Eko juga menyampaikan pentingnya kehatian-hatian teller dalam mengeksekusi setoran penerimaan. Selain itu, disampaikan pula kewajiban KPPN untuk melaksanakan monitorig dan evaluasi kepatuhan bank/pos persepsi, khususnya di akhir tahun anggaran.

Materi yang kedua terkait Bank Garansi yang disampaikan oleh Kepala Seksi PDMS, Andi Setianto. Beberapa hal yang dijelaskan, diantaranya pengertian Bank Garansi dan format Bank Garansi di akhir tahun yang telah ditetapkan.

 

Rapat koordinasi dengan bank/pos persepsi diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang dipimpin oleh Kepala Seksi Bank. Seluruh  Bank/Pos Persepsi menyatakan kesiapannya menghadapi akhir tahun 2020. BRI dan BPD Jateng menyampaikan bahwa tetap membuka layanan penyetoran penerimaan setengah hari selama cuti bersama tanggal 24 s.d. 31 Desember 2020, sedangkan bank/pos persepsi yang lain akan memberikan konfirmasi ke KPPN setelah ada instruksi selanjutnya. (FA)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search