Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

LAUNCHING ZONA INTEGRITAS MENUJU WBBM TAHUN 2023

Cilacap, 31 Januari 2023 KPPN Cilacap melaksanakan Kegiatan Launching Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani KPPN Cilacap Tahun 2023 bertempat di Ruang Rapat Kepala KPPN Cilacap dengan serimonial Penandatanganan Sasaran Kinerja Pegawai non Pemilik Strategis KPPN Cilacap yang ditetapkan bagi para pejabat/pegawai non pemilik strategis di KPPN Cilacap. Sasaran kinerja  ini merupakan target yang harus dicapai oleh pegawai dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, yang akan diukur dan dinilai sebagai bagian dari sistem penilaian kinerja pegawai.Penandatanganan sasaran kinerja ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai dan memfasilitasi kesinambungan program-program dan kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas pelayanan dan transparansi dalam pengelolaan keuangan negara. Dengan adanya sasaran kinerja yang jelas, diharapkan dapat memotivasi pegawai untuk bekerja lebih baik dan berkontribusi dalam mewujudkan budaya birokrasi bersih dan bebas dari korupsi.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Pakta Integritas Internal yang merupakan dokumen yang menjadi representasi komitmen pimpinan dan pegawai dalam mewujudkan budaya birokrasi bersih dan bebas dari korupsi. Pakta ini berisi tindakan nyata yang harus dilakukan oleh pimpinan dan pegawai untuk mewujudkan komitmen tersebut, seperti menjaga integritas, profesionalisme, dan etika dalam pelaksanaan tugas, serta mencegah dan memberikan laporan terhadap tindakan korupsi. Pakta Integritas Internal diharapkan dapat menjadi landasan bagi pimpinan dan pegawai dalam membangun budaya birokrasi yang bersih dan bebas dari korupsi. Pembacaan pakta integritas internal dalam rangka Launching Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani KPPN Cilacap Tahun 2023 dipimpin oleh Kasubbag Umum KPPN Cilacap, Sdr. Antok Widiyatno.

Selanjutnya acara pembacaan Ikrar Netralitas Pegawai pada Pemilu dan Pilkada adalah suatu upaya untuk memastikan bahwa pegawai memahami dan mematuhi norma netralitas dan tidak melakukan tindakan yang merugikan kepentingan negara dan kewajiban profesional dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Ikrar netralitas ini berisi komitmen pegawai untuk tidak memihak pada salah satu pihak dalam proses pemilu atau pilkada dan tidak melakukan aksi politik atau tindakan yang merugikan kepentingan negara.Pembacaan ikrar netralitas ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dan pengawalan bagi komitmen pegawai dalam mempertahankan netralitas dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Dengan adanya ikrar netralitas yang dibacakan, diharapkan dapat menciptakan iklim kerja yang profesional dan bebas dari tindakan-tindakan yang merugikan negara dan masyarakat. Pembacaan ikrar ini dipimpin oleh Sdr. Sugino, Kasi PDMS KPPN Cilacap.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Komitmen Penerapan Program Pengendalian Gratifikasi yang merupakan suatu kesepakatan dan janji yang dibuat oleh pimpinan dan pegawai untuk menerapkan dan mematuhi program pengendalian gratifikasi dalam lingkungan kerja mereka. Komitmen ini mencakup tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasi tawaran dan tindakan gratifikasi, serta melaporkan tindakan yang tidak sesuai dengan program pengendalian gratifikasi. Komitmen Penerapan Program Pengendalian Gratifikasi memiliki tujuan untuk menciptakan budaya kerja yang bersih dan bebas dari tindakan-tindakan yang merugikan negara dan masyarakat. Dengan adanya komitmen ini, diharapkan dapat membentuk kultur kerja yang profesional dan integritas, serta mengurangi resiko terjadinya tindakan korupsi dan merugikan negara.Pembacaan Komitmen Penerapan Program Pengendalian Gratifikasi dipimpin oleh Sdr. Hari Purnama, Kepala Seksi Bank KPPN Cilacap.

Dalam Sambutan Kepala KPPN sekaligus Launching Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani KPPN Cilacap Tahun 2023, Kepala KPPN dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kinerja yang telah dicapai selama Tahun Anggaran 2022, dimana KPPN Cilacap memperoleh nilai Kinerja Organisasi tertinggi di lingkup Kanwil DJPb Prov. Jawa Tengah. Atas hasil tersebut, KPPN Cilacap diberi amanah untuk mengikuti Penilaian Unit Kerja Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Tingkat Nasional Tahun 2023 sesuai b. Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND- 12/PB/PB.1/2023.

Untuk itu pada hari ini Selasa tanggal 31 Januari 2023 dilaksanakan kegiatan Launching Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani KPPN Cilacap Tahun 2023. Melalui Launching Zona Integritas ini, diharapkan dapat membentuk kesadaran dan keseriusan dalam menerapkan budaya kerja yang bersih dan bebas dari tindakan-tindakan yang merugikan negara dan masyarakat, dan diharapkan dapat memotivasi pegawai untuk mematuhi dan menerapkan program Zona Integritas dan Wilayah Birokrasi Bersih dengan pelaksanaan Kegiatan Launching Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani KPPN Cilacap Tahun 2023 berjalan dengan baik dan lancar sesuai jadawal kegiatan yang telah ditetapkan. Kegiatan dilaksanakan dengan memaksimalkan seluruh potensi yang ada dan dilaksanakan secara bersama-sama dan partisipasi pejabat dan pegawai untuk mengikuti rangkaian kegiatan Kegiatan Launching Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani KPPN Cilacap Tahun 2023 cukup tinggi dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja KPPN Cilacap secara keseluruhan dan mendukung keberhasilan KPPN Cilacap dalam meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Tahun 2023.

Acara ditutup dengan pengucapan yel-yel launching WBBN KPPN Cilacap Tahun 2023 sebagai berikut :

‘ Siapa Kita – KPPN Cilacap;

‘ KPPN Cilacap- Siap Bekerja;

‘ WBBM – Pasti Bisa;

‘ KPPN Cilacap – Jaya Jaya Jaya.

 

 

umum.cilacap


 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search