Kediri

Pelayanan

Wahai Tuhan, apa tidak sebaiknya

Ketegasan hukum saja

Yang memimpin kehidupan manusia

Jangan cinta

-Emha ainun nadjib: jangan cinta-

 

Bahkan Tuhan-pun melayani hamba-hamba-Nya untuk hidup di dunia yang sudah sangat tua. Tak dibiarkan satu jengkalpun manusia berusaha dan menjalani hidup tanpa sedikitpun campur tangan dan iradat-Nya. Segala kebutuhan dan hajat hidup manusia disediakan dengan sepenuh-penuhnya, sebelum manusia sendiri menyadarinya. Udara untuk mengisi paru-paru, panas matahari yang sangat dinanti di bulan yang mengakhiri tahun, segala sarana dan prasarana yang ada dalam tubuh manusia, dari ujung rambut hingga ujung kaki, baik yang beriman maupun yang ingkar, tak terkecuali, semua diberikan layanan Tuhan tanpa berkurang sedikitpun meski dibalas dengan keingkaran dan kemungkaran.

Nabi melayani umatnya dengan menyampaikan risalah dari Tuhan, menuntun dari kegelapan menuju cahaya, dengan rasa tidak tega agar semua selamat dunia dan akhirat, meski dibalas dengan lemparan batu dan cemoohan, menimpuk kotoran unta dan pembunuhan berencana. Tak menyurutkan satu langkahpun terus menebarkan rahmat dan memuliakan akhlak, demi mewujudkan satu kaum yang mencintai Allah dan Allahpun mencintainya.

Ibu melayani anak-anaknya dengan sepenuh kasih dan sayang, tak berkurang satu persenpun meski dibalas seolah-olah memang itulah tugas dan kewajiban seorang ibu untuk anaknya. Tak mengeluh setitikpun saat mengandung lebih sembilan bulan, membawa beban seberat lebih tiga kilogram yang menyesakkan, bahkan lebih lega hatinya saat anaknya sembuh dari sakit dibanding saat melahirkan dengan bertaruh nyawa. Meski ketika tumbuh dewasa anak-anaknya mengabaikan dan mengacuhkannya, satu demi satu melupakannya walau faham satu tetes air susu ibu tak bisa dibalas dengan seluruh hidup anak-anaknya.

Seorang guru melayani murid-muridnya dengan cinta, mengajarkan kebaikan sebagai bekal hidup bagi anak-anak yang bukan anaknya, meski terkadang satu jeweran cinta dibalas dengan hujatan dan penjara, tamparan kedisiplinan dijawab dengan laporan tindak kekerasan, bahkan banyak guru melahirkan pemimpin namun tak mampu menjadikan anaknya sendiri sebagai pemimpin. Itupun tak memberikan rasa gentar bahwa kebaikan harus terus dikumandangkan lewat pelajaran kehidupan. Guru untuk digugu dan ditiru.

Pemerintah melayani rakyatnya, dengan menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memenuhi hajat hidup dalam berbangsa dan bernegara. Penyediaan jalan yang memudahkan pertukaran barang dan mobilisasi orang sebagai pendukung peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat, sarana kesehatan sebagai bagian penjagaan bahwa tak boleh ada satu nyawapun yang mati sia-sia hanya karena tak ada pertolongan saat didera sakit, sarana pendidikan sebagai usaha mencerdaskan bangsa agar tak ada lagi yang tidak tahu menjadi bulan-bulanan yang pintar. Meski ada percik-percik ketidakpuasan dan kritikan di sana sini, tak menyurutkan yojana untuk terus memberikan yang terbaik demi kemaslahatan serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

KPPN Kediri melayani satuan kerja lingkup wilayahnya, Kota Kediri, Kab. Kediri, Kab. Nganjuk dan Kab. Trenggalek dalam proses pencairan dana, dari SPM terbit SP2D, dengan segera, demi tersampaikannya kepada yang berhak menerima, tak lebih dari satu jam waktunya.

KPPN Kediri melayani pemerintah kabupaten dan kota wilayah Kediri Raya dalam menerbitkan SPP-SPM dan SP2D Dana Alokasi Khusus Fisik dan Non Fisik serta Dana Desa, demi terselenggarakannya laju pemerintahan dari tingkat kabupaten hingga desa, meski lima hari jangka waktunya namun tak lebih satu hari terbitnya.

KPPN Kediri melayani koreksi penerimaan negara yang diajukan satuan kerja, sebagai bahan pembuatan laporan keuangan yang berkualitas, titik akhir pelaksanaan anggaran selama satu tahun berkenaan berwujud pertanggungjawaban atas alokasi dana dan kegiatan yang direncanakan. Tak lebih sehari satuan kerja mendapatkan jawaban hasil koreksi penerimaan.

KPPN Kediri melayani penerbitan SPP dan SPM retur yang disebabkan oleh ketidaktepatan satuan kerja dalam mencantumkan nama dan rekening penerima dana di SPM. Bukan sekadar sebagai perbaikan realisasi, namun lebih kepada dana segera tersampaikan kepada yang berhak, dan meski jangka penyelesaian paling baik maksimal sepuluh hari, tak lebih dua hari ter-delivery.

KPPN Kediri melayani pendampingan kepada satuan kerja dalam proses pelaksanaan anggaran yang lebih baik, dengan harapan setiap rupiah yang tercantum dalam DIPA masing-masing satuan kerja dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Satuan kerja hanya membutuhkan teman dan tempat curahan hati saat mengalami kendala dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, maka KPPN Kediri menerima segala keluhan permasalahan lewat Tutor Sebaya dalam Ngoseng Rasa (Ngobrol Senggang Antar Satker), Tahu Taxwa (Tambah Pengetahuan Perpajakan via WA), Kelud 034 (Keluhan dan Pengaduan KPPN 034), TUP Yes (TUP Yakin Esok Selesai), Get Two K (Dapatkan Penyelesaian Pendaftaran Kontrak Hanya Dalam Dua Jam Saja), dan Buning Sari (Pembukaan Rekening Satu Hari) serta La Basar Si Kediri (Layanan Bantu Pemasaran UMKM dan Konsultasi Kredit Pemerintah) sebagai bagian membantu pengusaha kecil dan menengah memasarkan produknya.

Dan sebagai muara serta akhir pelaksanaan anggaran, satuan kerja menyusun laporan keuangan baik semesteran maupun tahunan, KPPN Kediri senantiasa melakukan pendampingan dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas, memenuhi Standar Akuntansi Pemerintahan dan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat demi terwujudnya opini BPK yang Wajar Tanpa Pengecualian.

KPPN Kediri melayani dirinya sendiri, penyediaan sarana dan prasarana dari Sub Bagian Umum untuk seluruh pegawai demi tercipta kenyamanan dan keamanan dalam bekerja dan pelaksanaan tugas, meski sekadar penyiapan kudapan saat kegiatan rapat serta acara untuk internal maupun melibatkan pihak eksternal (stakeholder), dan tak lupa menyediakan kantong kresek agar kudapan dan makan siang dapat dibawa peserta sebagai bekal dalam perjalanan pulang.

Tuhan melayani makhluk-Nya, Sang Nabi melayani umatnya, guru melayani muridnya, ibu melayani anak-anaknya, pemerintah melayani rakyatnya, KPPN Kediri melayani mitranya adalah wujud nyata dari hidup untuk melayani, berlandaskan cinta, karena Tuhan menciptakan segalanya atas dasar cinta, maka alih-alih untuk menjadi yang terbaik (yakinlah layanan kita yang terbaik), namun lebih kepada memberikan yang terbaik, karena bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan (Q.S. At-Taubah: 105)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search