Tawangmangu, 27 April 2019
Keberadaan suatu organisasi sesungguhnya sangat didukung adanya tiga pilar utama agar dapat berjalan dengan baik. Tiga pilar itu terdiri dari keberadaan SDM yang baik, sistem penataan organisasi yang baik, serta proses bisnis yang biasanya dianggap sebagai target capaian organisasi dalam visi misi. Tentunya aspek SDM yang baik dari sisi kuantitas maupun kualitas dapat dilihat dari sisi knowledge, skill, dan attitude. Dari sini tentu dapat dipahami bahwa capacity building maupun service excellence adalah proses meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan, serta sikap dan perilaku.
Harus disadari bahwa berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi. Dengan demikian, proses peningkatan kapasitas dan pengembangan karakter SDM menjadi hal yang mutlak dilakukan. Dalam proses ini tentu dapat dilakukan dengan beragam cara, baik melalui diklat berbasis kompetensi, pembinaan pola karir yang jelas, tugas belajar, outbound atau pola permainan, maupun service excellence, yang kesemuanya itu untuk meningkatkan performa SDM organisasi dalam menjalankan tugasnya. Oleh karenanya, pengembangan kapasitas sangat terkait dengan kemampuan SDM, kemampuan institusi, dan kemampuan sistem organisasi.
Dalam rangka pengembangan kapasitas sumber daya manusia, maka KPPN Klaten menyelenggarakan outbound dan service excellence, dengan penjelasan sebagai berikut: Pelaksanaan kegiatan capacity building dan service excellence dilaksanakan di Hotel Bintang Tawangmangu, Karanganyar pada hari Sabtu sampai dengan Minggu tanggal 27 – 28 April 2019. Adapun pelaksanaan kegiatan capacity building dan service excellence diikuti oleh para pegawai dan tenaga honorer KPPN Klaten yang berjumlah 28 orang. Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan capacity building dan service excellence menghadirkan instruktur dan narasumber dari Esa tour and travel dan Dinar Apriyanto Hadi, STP, M.Sc. Rombongan berangkat dari Klaten pada hari Sabtu pukul 09.00 WIB dengan dipandu oleh Esa tour and travel dan untuk kegiatan capacity building kali ini mengambil tema ‘Sinergi Leap To Excellence”. Sampai di lokasi pada pukul 11.30 WIB dilanjutkan acara makan siang bersama, sholat dan istirahat terlebih dahulu untuk kemudian dilanjutkan dengan acara capacity building.
Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu : Pada hari pertama, Sabtu, tanggal 27 April 2019, dilaksanakan kegiatan permainan dan service excellence sebagai berikut : Fun Game yang bertujuan untuk melatih kegiatan konsentrasi, sinergi, dan kreativitas dengan instruktur dari Esa tour and travel;
Motivational Achievement dan Service Excellence yang dilaksanakan pada hari pertama, Sabtu, 27 April 2019 pukul 19.30 sampai dengan 21.30 WIB dengan menghadirkan motivator Sdr. Dinar Apriyanto Hadi, STP, M.Sc. mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para pegawai KPPN Klaten bahwasanya setiap pekerjaan dapat ditunaikan dengan baik apabila dilaksanakan dengan kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas. Menjadi manusia sukses bukan hanya mendapatkan kedudukan sosial yang baik, akan tetapi sukses dalam hidup harus juga mampu berbagi dengan sesama.
Pada hari kedua, Minggu, tanggal 28 April 2019 pukul 05.30 sampai dengan 06.30 WIB dilaksanakan kegiatan Rimba Gunung yaitu kegiatan jalan santai melintasi kampung, sawah dan pegunungan yang bertujuan untuk melatih fisik dengan instruktur dari Esa tour and travel. Kegiatan hari kedua ditutup dengan sarapan pagi bersama, selanjutnya peserta bersiap-siap untuk kembali ke Klaten pada pukul 10.00 WIB.
Menjadikan aparatur yang profesional dalam rangka menunjukkan kapasitas, identitas, serta potensi tersembunyi yang ada dalam setiap aparatur menjadi bahan pemikiran yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Sebagai aparatur negara dituntut untuk mampu memaksimalkan kapasitas potensi yang dimiliki dan mampu mengaplikasikan secara langsung ke dalam pelaksanaaan tugas pokok dan fungsi kita sebagai sosok pelayan yang responsif terhadap keinginan, keperluan maupun kebutuhan para stakeholder. Dengan pengembangan kapasitas diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman sehingga akan membangun komunikasi, koordinasi, dan inovasi yang baik bagi para pegawai yang tentunya semakin memacu kita untuk semakin baik dalam memberikan pelayanan serta kerjasama di lingkungan kerja kita dan untuk mewujudkan organisasi yang sehat.