Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

CAPACITY BUILDING KPPN KLATEN DI NEW SENJA JINGGA KEMUNING

        KPPN Klaten menyelenggarakan Kegiatan Capacity Building pada hari Sabtu, 18 Februari 2023. Lokasi Kegiatan Capacity Bulding adalah di Café New Senja Jingga Desa Wisata Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka peningkatan motivasi dan solidaritas antar pegawai sehingga dapat berdampak pada peningkatan kinerja pegawai dan organisasi KPPN. Sehingga tema Capacity Building yang diangkat adalah “Sinergi Wujudkan Kinerja Unggul dan Prestasi. Peserta Capacity Building adalah Seluruh Pegawai ASN dan Non ASN KPPN Klaten beserta anggota keluarga

       Capacity Bauilding adalah salah satu kegiatan Penguatan Tugas dan Fungsi KPPN Klaten sesuai Nota Dinas Sekretais Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-2595/PB.1/2022 hal Piloting Penguatan dan Pengembangan Peran KPPN melalui satandardisasi Kegiatan Manajemen KPPN. Sesuai teori, agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi, pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak harus berjalan dengan baik. Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM.

        Sebelum berangkat ke lokasi tujuan, peserta berkumpul di halaman Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten untuk arahan Pimpinan yang megingatkan bahwa KPPN merupakan satu keluarga besar yang mempunyai tujuan yang sama sehingga perlu untuk menjaga sinergi antar semua pegawai dengan didukung oleh keluarga. Acara dilanjutkan dengan Doá serta foto bersama sebelum perjalanan ke lokasi Wisata Kemuning Karanganyar. Juga dilakukan Pengecekan Sarana dan Prasarana yang akan dibawa ke lokasi.

        Perjalanan ke lokasi menggunakan Bus agar peserta bisa berkumpul di satu armada . Perjalanan ke Lokasi memakan waktu kurang lebih 2,5 Jam berangkat dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten pukul 07.00 WIB sampai di Lokasi Wisata Kemuning Karanganyar Pukul 09.30 WIB. Selama perjalanan pegawai sarapan dan berkaraoke bersama sehingga tercipta suasana kekeluargaan dan melupakan sejenak rutinitas kantor.

        Sampai di lokasi yaitu Café New Senja Jingga Desa Wisata Kemuning  telah disediakan snack tradisional Jadah dan Pisang Goreng dan minuman teh hangat. Setelah istirahat  minum dan makan snack peserta berkumpul untuk mengikuti acara inti yaitu pemberian materi Capacity Buliding yang dibungkus dengan yel-yel dari event organizer Visit Kemuning. Acara berikutnya yaitu foto bersama dan foto angkatan.

        Acara utama adalah touring ke beberapa destinasi yang telah disediakan EO dengan armada Jeep. Persiapan yang dilaksanakan adalah Pembagian Jeep dan perlengkapan yang harus dibawa antara lain jas hujan, payung dan spanduk. Rute perjalanan Jeep yang akan dituju adalah ke Taman Segoro Gunung Wae, Puncak Paralayang dan Kebun Teh Milik Kodam IV Diponegor. Armada Jeep sejumlah 10 Armada,satu armada berisi 4 sampai 5 orang.

        Destinasi pertama adalah Taman Segoro Gunung Wae. Perjalanan melalui jalan mendaki yang tajam dan berkelok melewati wilayah pertanian dan pedesaan. Terlihat tamanan kas pegunungan yang tumbuh subur, berupa sayuran dan buah buahan. Juga terlihat jenis pekerjaan baru penduduk, berupa pembukaan café wisata, home stay, villa, dan tempat pembelian oleh oleh.Setelah sampai ditujuan kegiatan yang dilakukan adalah pemberian materi dan yel yel oleh EO Visit Kemuning dan Arahan Kepala Kantor dilanjutkan Foto-Foto.

        Destinasi berikutnya yaitu Puncak Paralayang. Perjalanan lebih menantang, dengan tanjakan dan tikungan yang lebih tajam. Memasuki hutan pinus, turun jurang melewati jembatan kembali naik tajam. Berpapasan dengan penduduk setempat dan wisatawan lainnya, saling bergantian jika jalanan cukup sempit. Sampai di Puncak Paralayang udara terasa cukup dingin dan angin berembus sepoi sepoi. Snack produk asli UMKM Kemuning dan minuman teh dan kopi telah disedikan oleh EO.  

        Acara di puncak paralayang adalah acara bebas. Melihat kota Karanganyar dan Solo Nun Jauh disana. Memandang Lahan Pertanian dan Pedesaan di lereng dan lembah yang luas. Foto bersama di atas Jeep dan di padang Paralayang. Dan Acara yang mendebarkan adalah  menonton aksi pegawai KPPN naik Paralayang. Bapak Pringadi Suwandi Kasi Bank dipandu petugas paralayang mengudara bersama. Di udara dengan ketinggian 3280 mdpl dilakukan pengambilan video, mewujudkan kebijakan mutu KPPN Klaten PASTI: Profesional, Amanah, Sinergi, Tanggap dan Integritas.

        Kabut telah berembus  cukup kencang dan cukup tebal. Paralayang tidak menjual durasi waktu, tergantung cuaca dan keadaan, sudah waktunya mendarat. Peserta Capacity Building bersiap ke destinasi berikutnya. Split menjadi dua kelompok, yaitu yang menuju detinasi kebun teh 6 jeep dan menuju candi cetho 4 Jeep.

 

        Perjalanan Ke kebun teh adalah turun kembali. Kebun Teh ini adalah milik Kodam IV Diponegoro.  Medan dikebun teh  adalah off road, tanah berlumpur dan berlubang, sebagaimana di film. Cukup mengocok perut dan menggetarkan jantung. Pemandangan bukit teh yang indah cukup membayar goncangan badan. Tidak lupa sesi foto dengan background bukit teh yang menawan.

        Rombongan yang ke Candi Cetho kembali melewati jalur yang menanjak dan berkelok yang lebih tajam dan menantang. Sesi Foto dengan berbagai gaya tak terlupakan. Semua rombongan kembali ke Base Camp Café New Senja Jingga untuk Istirahat, Sholat dan Makan Siang. Menjelang Ashar rombongan bersiap untuk kembali ke Klaten, setelah seharian melewati hal- hal seru dan bersemangat.

        Senja hari rombongan berhenti di TasikMadu di rumah oleh oleh untuk membeli buah tangan, kemudian sampai di samping Fly Over Palur kembali berhenti untuk makan bakso. Perjalanan dilanjutkan kembali sampai di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Klaten kurang lebih pukul 18.30 WIB.

        Kegiatan Capacity Building telah dilaksanakan dengan lancar. Diharapkan setelah kegiatan selesai akan tercipta peningkatan motivasi dan solidaritas antar pegawai sehingga dapat berdampak pada peningkatan kinerja pegawai dan organisasi KPPN.

Penulis : Sumadi

Album Foto dapat dilihat disini

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search