Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bazaar UMKM dan Bimtek LK 2023

        Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 14-15 Maret 2023 KPPN Klaten menyelenggarakan beberapa kegiatan sekaligus. Kegiatan di Aula Lantai II KPPN Klaten yaitu Bimtek penyusunan LK tahun 2023, dimana dalam kegiatan ini juga sekaligus kegiatan co location dengan BSI Klaten, Data Analitical dari aplikasi Morena dan penyampaian Bimtek Digipay Satu. Kegiatan  diikuti oleh seluruh satker wilayah kerja KPPN Klaten, untuk kabupaten Klaten di hari pertama dan Kabupaten Boyolali di hari kedua.  Sedangkan kegiatan di Ruang FO Lantai I diadakan Bazar UMKM Week.

        Kegiatan Bimtek Penyusunan LK tahun 2023 dibuka oleh pembawa acara sdr. Istin dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Acara berikutnya yaitu sambutan Kepala KPPN Klaten Bapak Sugiyana. Dalam sambutannya Bapak Sugiyana menyampaikan agar satker memperhatikan dan mencermati langkah langkah penyusunan LK dengan sebaik-baiknya. Penyusunan LK tidak terlepas dari kegiatan penyusunan dan pelaksanaan Anggaran. Dengan demikian, khususnya dalam pelaksaan anggaran agar satker perlu seksama dalam setiap transanksi. Harapannya kesulitan dalam penyusunan LK seperti tahun sebelumnya akibat kesalahan transanksi bisa diminimalisir.

        Acara berikutnya yaitu colocation bersama BSI Cabang Klaten. Tujuan Layanan bersama ini adalah memberikan kemudahan bagi satker sebagai instansi maupun petugas satker sebagai pribadi untuk mendapatkan berbagai layanan dari BSI. Paparan produk-produk BSI disampaikan dalam waktu yang singkat oleh Kepala BSI Cabang Klaten, Ibu Ririn Indarwati. Kegiatan co location dilanjutkan oleh kru BSI cabang klaten di Ruang FO Lantai I.

        Acara berikutnya yaitu penyerahan piagam penghargaan Penggunaan CMS pada Rekening Virtual Pengeluaran terbanyak. KPPN Klaten mengapresiasi satker yang telah menggunakan CMS dengan total transaksi CMS 3 (tiga) terbanyak sebagai berikut : 1) BPS Kab.Boyolali (019110) dengan Total CMS  sebanyak 5848 cms, Total Debit 212 transanksi,  Total Teller 6 teller; 2) Kantor Kementerian Agama Kab. Klaten (417446) dengan dengan Total CMS  sebanyak 916 cms, Total Debit 444 transanksi,  Total Teller 2 teller; 3) Kantor Kementerian Agama Kab. Klaten (417445) dengan Total CMS sebanyak 642 cms, Total Debit 51 transanksi,  Total Teller 1 teller.

        Acara berikutnya yaitu acara Inti, Bimtek penyusunan LK tahun 2023 yang disampaikan Tim dari seksi Verifikasi dan Akuntansi. Bapak Krismawan selaku kepala seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Klaten menyampaikan catatan - catatan dan kendala - kendala dalam penyusunan LK Tahun 2022. Diharapkan dengan mengetahui kendala tahun 2022 tidak akan terjadi lagi di tahun 2023. Kendala dimaksud misalnya adanya transanksi tidak normal akun pembulatan dimana jumlahnya mencapai puluhan juta rupiah. Setelah ditelusuri ternyata merupakan nilai transanksi untuk keseluruhan akun pembayaran gaji induk. Kendala lainnya yang menjadi catatan adalah adanya satker menyetor sisa UP/TUP melebihi akhir tahun.

       Tim seksi Verifikasi dan Akuntansi yang tampil berikutnya yaitu Ibu Prima. Ibu Prima memperkenalkan aplikasi baru dalam penyusunan LK yaitu aplikasi Calk Satker. Aplikasi ini berbasis Excel. Ibu prima memperkenalkan menu - menu yang ada dalam aplikasi ini dan memperagakan langkah - langkah dalam input data kedalam aplikasi dimaksud. Terakhir menampilkan hasil tampilan LK dari aplikasi tersebut.

       Walaupun bersifat pilihan, aplikasi Calk Satker ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu : a. mempercepat proses penyusunan laporan keuangan dengan estimasi waktu sekitar 2 (dua) sampai 3 (tiga) jam dari semula 2 - 4 hari. b. mewujudkan semangat simplifikasi dan efisiensi serta dapat mengurangi kesalahan penginputan data (human error) dalam laporan keuanqan. c. menghasilkan cetakan dari aplikasi sesuai dengan format sesuai lampiran Peraturan Menteri Keuangan Nomor 232/PMK.05/2022 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi dan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) Nomor 04 tentang Catatan Atas Laporan Keuangan. d. telah ditambahkan penyajian dan engungkapan Properti Investasi dan Aset Konsesi Jasa bagi satker yang mempunyai akun tersebut. e. telah dilengkapi dengan buku panduan penggunaan (manual book) sehingga memudahkan pengguna (user) dalam pengoperasiannya. Aplikasi Calk Satker ini dapat diunduh di link berikut : bit.ly/AppCaLK2023.

        Hal yang sangat penting dalam penyusunan LK adalah analisis data. Ibu Prima menyampaikan bagaimana menganalisa data antara neraca percobaan berbasis kas dan berbasis akrual. Dari sini akan terlihat jurnal manual yang diperlukan untuk melengkapi transanksi. Misalnya akibat adanya koreksi SPM GUP yang mengakibatban pergeseran akun maka diperlukan jurnal manual untuk menyesuaikan antara neraca percobaan berbasis kas dan berbasis akrual. Dengan Ketajaman analisa angka angka akan menggambarkan apa yang terjadi dalam organisasi dengan jelas.

         Acara berikutnya yaitu Data Analitical dari aplikasi Morena yang disampaikan Pejabat Fungsional yaitu bapak Joko Hartanto. Morena singkatan dari Monitoring Rencana dan Realisasi Anggaran. Sasaran aplikasi ini adalah agar nilai IKPA satker dan IKPA BUN dapat dioptimalkan. Terutama dari Indikator Deviasi Halaman III DIPA dan Penyerapan Anggaran.

        Aplikasi ini menampilkan Rencana Realisasi halaman III DIPA dan realisasi yang telah dilaksanakan sehingga diketahui deviasinya. Dari sini satker dapat menentukan langkah seperti melakukan revisi halaman III DIPA sehingga nilai IKPA Indikator Deviasi Halaman III DIPA dapat optimal. Dari aplikasi ini juga akan diketahui target realisasi dan realisasi yang telah dilaksanakan sehingga diketahui nilai realisasi yang harus dilaksanakan berikutnya. Dengan demikian satker dapat nilai optimal dari Indikator Penyerapan Anggaran.

        Acara berikutnya yaitu Bimtek Digipay Satu yang disampaikan Ibu Ismiyati Kasi MSKI KPPN Klaten. Digipay Satu merupakan pengembangan dari segmented digipay menuju integrated digipay. Perkembangan Digipay satu diantaranya yaitu 1) Digipay dibangun untuk mengakomodasi seluruh bank, in house development full oleh Kemenkeu, yang sebelumnya dikembangkan bersama Himbara; 2) Rekening user (satker dan vendor) bebas, tidak harus di Himbara, yang sebelumnya harus sama dengan dan hanya di Himbara 3) Interoperabilitas: bisa transaksi antar rekening pada bank yang berbeda, simplifikasi user, dll, yang sebelumnya rekening satker dan vendor harus di jenis bank yang sama; 4) Fleksibilitas rekening dan transaksi diharapkan akan mengakselerasi pertumbuhan Digipay.

        Acara yang tak kalah serunya yaitu acara Bazaar UMKM Week yang diikuti UMKM binaan KPPN Klaten dalam program Umiku. UMKM yang ikut bazaar diantaranya yaitu Om Koplak (Omah Kopi Ngemplak), Kurnia Arneti, TerasKu, Ashoka Galery dan Lestari Alamku. Konsumen yang merupakan petugas dari satker, pegawai BSI dan pegawai KPPN terlihat sangat antusias membeli Produk UMKM. Hampir semua produk laku laris. Produk yang yang laku keras hampir habis adalah  produk Om Koplak, dengan varian Kopi Rakyat, Kopi Arabika, Kopi Robusta, Kopi Herbal Stamina dan Kopi Nangka.

        Bazaar UMKM Week merupakan kegiatan KPPN Klaten dalam rangka membantu UMKM memasarkan produknya dan meperluas jaringan.Selain itu dengan pramuniaga yang merupakan Mahasiswa Magang di KPPN Klaten, bisa belajar dan mengenal produk UMKM dan memasarkannya sehingga memberi semangat dan inspirasi untuk merintis dan berdirikari menjadi pengusaha yang percaya akan keunggulan sumberdaya dan produk lokal.

        Kolaborasi dan Sinergi berbagai macam kegiatan yang melibatkan hampir seluruh seksi di KPPN Klaten dengan mitra stakeholder baik dari satuan kerja, perbankan, dan UMKM perlu untuk di helat kembali dan dioptimalkan.Efisiensi penggunaan sumber daya dan waktu dengan output yang optimal merupakan ciri organisasi yang dapat melangsungkan bisnisnya.

Penulis : Sumadi pegawai KPPN Klaten

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search