Jl. Sisingamangaraja No.3, Drien Rampak, Kec. Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, 23617

Berita

Seputar KPPN Meulaboh

Kemenkeu Satu Meulaboh Sosialisasikan Keuangan Negara

Sosialisasi Keuangan Negara Melalui Live On Air di RRI Meulaboh

 

Meulaboh, 15 Januari 2024 - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan ke-20 Tahun 2024, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh bersama Unit Vertikal Kementerian Keuangan Wilayah Meulaboh (Kemenkeu Satu Meulaboh) melaksanakan Sosialiasi tentang Keuangan Negara kepada masyarakat umum melalui Live On Air Radio Republik Indonesia (RRI) Meulaboh. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait peran nyata atas tugas dan fungsi KPPN sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu serta sebagai perwakilan Menteri Keuangan di daerah.

 Pada kesempatan ini, Fitri Arif Yulianto, Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI), menjadi nara sumber yang mewakili KPPN Meulaboh. Turut hadir pula nara sumber dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Meulaboh dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Meulaboh dalam acara tersebut.

 Fitri Arif menyampaikan bahwa pada tahun anggaran 2024 KPPN Meulaboh akan fokus pada digitalisasi pembayaran pada satuan kerja (satker) dan penguatan kerja sama dengan Pemerintah Daerah. “Tahun 2024 ini, KPPN Meulaboh akan fokus pada kegiatan digitalisasi pembayaran pada satker dan berkomitmen untuk tetap menjalin kerja sama yang baik dengan Pemerintah Daerah dalam menyalurkan dana Transfer Ke Daerah (TKD) seperti yang sudah dilakukan pada tahun 2023” ujarnya. DJPb telah membangun sistem aplikasi dan tata kelola yang dilaksanakan di KPPN dengan tujuan untuk memastikan uang negara disalurkan kepada pihak yang berhak. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi praktik penyalahgunaan uang negara.

 Fitri Arif juga menyampaikan arahan Kepala KPPN Meulaboh, Linggo Supranggono, tentang penajaman fungsi KPPN sebagai treasurer dan financial advisor. “Melalui peran nyata ini, KPPN Meulaboh berkomitmen membantu Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat agar dapat mengelola keuangan dengan lebih akuntabel, cepat, dan menghasilkan output serta outcome yang nyata” jelasnya. Kegiatan sosialisasi melalui Live On Air RRI Meulaboh ini menjadi sarana efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas tentang upaya instansi pemerintah dalam mengelola keuangan negara.

 Hari Bakti Perbendaharaan tidak hanya menjadi momen seremonial saja, tetapi juga sebagai langkah konkret untuk membuka pintu transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara. Seluruh pihak diharapkan dapat bersinergi dan berkolaborasi demi mewujudkan keuangan negara yang lebih baik dan berdaya guna bagi kesejahteraan bangsa.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

        

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search