Jl. Sisingamangaraja No.3, Drien Rampak, Kec. Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, 23617

Berita

Seputar KPPN Meulaboh

Layanan Filial KPPN Meulaboh

Layanan Fillial KPPN Meulaboh: Financial Advisor di Pulau Terluar

Meulaboh, 31 Januari 2024 Sebagai salah satu bentuk implementasi penajaman tugas treasurer dan financial advisor, khususnya pada wilayah kepulauan terluar, KPPN Meulaboh membuka layanan filial di Kabupaten Simeulue sebagai langkah proaktif dalam memastikan Satuan Kerja (Satker) agar dapat melaksanakan pengelolaan keuangan negara dengan baik, efektif, dan efisien.

 

Pembukaan layanan filial ini dilakukan sebagai respons terhadap kendala geografis dan aksesibilitas yang dihadapi oleh beberapa stakeholders di wilayah kerja KPPN Meulaboh, khususnya Kabupaten Simeulue, dalam upaya dalam meningkatkan kualitas layanan keuangan dan mendekatkan pelayanan KPPN Meulaboh kepada Satker yang beroperasi di wilayah kepulauan terluar tersebut.

Layanan filial KPPN Meulaboh di Kabupaten Simeulue diimplementasikan setahun setelah keluarnya aturan terkait Tata Cara Pembentukan Layanan Filial dan Layanan Mobile yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-9/PB/2010 tanggal 11 Maret 2010. Keberadaan layanan ini bertujuan untuk mengatasi kendala geografis yang dihadapi oleh beberapa stakeholders KPPN Meulaboh yang beroperasi di lokasi terpencil.

Pada tanggal 17 - 22 Januari 2024 lalu, telah dilakukan kunjungan ke KPPN Filial Kabupaten Simeulue di Sinabang oleh tim KPPN Meulaboh, guna mensosialisasikan Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran, menyelesaikan anomali laporan keuangan, serta melakukan pembinaan dan koordinasi dengan para stakeholders potensial di Simeulue. “Tidak semua satker berada di lokasi yang mudah terjangkau, seringkali petugas satker harus menempuh perjalanan jarak jauh hingga ratusan kilometer dengan modal transportasi beragam, bahkan dalam waktu 15-20 jam untuk dapat mendatangi KPPN Meulaboh”, ungkap Fitri Arif Yulianto, Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal.

Layanan filial ini juga turut berperan dalam memastikan bahwa satker di Simeulue dapat menjalankan anggaran dengan baik dan mempertanggungjawabkan penggunaan dana dengan benar. KPPN Meulaboh berharap layanan filial ini dapat terus memberikan kontribusi positif bagi satker di Kabupaten Simeulue. Layanan ini merupakan bentuk nyata komitmen Kementerian Keuangan untuk memberikan layanan terbaiknya hingga di wilayah kepulauan terluar. “Harapan ke depan dari pembukaan layanan filial KPPN Meulaboh di Sinabang, Simeulue, agar satker di Simeulue dapat terus melaksanakan anggaran dengan baik dan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangannya dengan benar”, ujar Fitri Arif.

KPPN merupakan representasi Kementrian Keuangan di daerah. Layanan filial ini sebagai bukti nyata dari upaya pemerintah untuk mendekatkan pelayanan keuangan negara ke seluruh pelosok wilayah, termasuk yang terpencil.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

        

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search