Jl. Sisingamangaraja No.3, Drien Rampak, Kec. Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, 23617

Berita

Seputar KPPN Meulaboh

GUGUS KENDALI MUTU (GKM) PEMBAHASAN HASIL LAPORAN KEUANGAN UNAUDITED KPPN MEULABOH

  

Pada hari Kamis, tanggal 30 Januari 2024, pukul 14.45 WIB, telah dilaksanakan Gugus Kendali Mutu (GKM) untuk membahas Hasil Laporan Keuangan Unaudited di ruang rapat KPPN Meulaboh. Pertemuan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Tugas Kepala KPPN Meulaboh Nomor UND-20/KPN.0103/2024. GKM dihadiri oleh seluruh pegawai KPPN Meulaboh. Acara dibuka oleh Sdr. Jhonstemos Kafaso, Fungsional PTPN Mahir KPPN Meulaboh dan dilanjutkan dengan pembahasan materi.

KPPN Meulaboh menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan dengan memperbaiki kompetensi para penyusun laporan keuangan di tingkat satker.

Dalam sesi tersebut, Sdr. Jhonstemos memaparkan materi terkait implementasi Peraturan Dirjen Perbendaharaan nomor Per-8/PB/2023 tentang Tata Cara Monitoring Kualitas Data Laporan Keuangan, Rekonsiliasi, dan Penyampaian Laporan Keuangan pada Kementerian Negara/Lembaga. Peraturan yang baru saja diterbitkan ini memiliki urgensi untuk disosialisasikan kepada petugas penyusun laporan keuangan di satker, agar mereka dapat mengikuti prosedur yang ditetapkan dalam penyusunan laporan keuangan dengan tepat dan sesuai ketentuan. Kemudian materi terkait tata cara penyusunan Laporan Keuangan KPPN selaku satker ini disampaikan oleh Sdr. M. Aditya Aslam, Fungsional PK APBN Terampil KPPN Meulaboh.

Dalam rangka memahami masalah yang muncul selama penyusunan laporan keuangan tahun 2023, beberapa poin kritis dibahas dalam rapat GKM, yang meliputi selisih realisasi belanja maupun selisih rekonsiliasi pendapatan serta penulisan dan pengungkapan pada CALK Laporan Keuangan. Bpk. Linggo Supranggono, selaku kepala KPPN, menyampaikan bahwa melalui rapat GKM ini dapat menjadi pedoman dalam penyusunan Laporan Keuangan periode Tahun 2023 Unaudited pada Lingkup Satuan Kerja KPPN Meulaboh.

“Saya berharap bahwa materi yang disampaikan pada rapat ini dapat menjadi pedoman dan panduan bagi penyusunan Laporan Keuangan periode Tahun 2023 Unaudited di lingkup Satuan Kerja KPPN Meulaboh, sehingga kualitas Laporan Keuangan dapat meningkat secara signifikan” ujarnya.

GKM ini mencerminkan tekad KPPN Meulaboh untuk terus meningkatkan kualitas Laporan Keuangan, sejalan dengan prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan publik.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

        

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search