Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan “Training Service Excellence” merupakan salah satu sarana edukasi bagi pegawai dalam upaya memastikan kembali pelaksanaan layanan telah sesuai dengan standardisasi layanan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan lingkungan dan layanan di KPPN Painan sehingga diharapkan mampu meningkatkan rasa kepuasan penerima layanan.
Pelaksanaan kegiatan Service Excellence KPPN Painan mengambil tema “Bersama Membangun Sikap Positif Menuju Pelayanan Prima dan Kesempurnaan”. Artinya untuk mewujudkan “service excellence” di KPPN Painan diperlukan sikap positif yang dibangun secara bersama - sama dengan melibatkan seluruh komponen KPPN Painan mulai dari Pimpinan, Pegawai serta PPNPN KPPN Painan. Dengan demikian sikap positif yang dibangun secara bersama diharapkan akan berdampak pada kualitas pelayanan yang melampaui standar atau harapan penerima layanan.
Kegiatan “Service Excellence” KPPN Painan Tahun 2017 dilaksanakan berdasarkan kepada :
- Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-4692/PB/2017 tanggal 22 Mei 2017 perihal Apresiasi Hasil Survei Kepuasan Pengguna Layanan Kementerian Keuangan Tahun 2016 dan Langkah Langkah Peningkatan Kinerja Layanan Tahun 2017;
- Keputusan Kepala KPPN Painan Nomor KEP-40/WPB.03/KP.142/2017 tanggal 9 Oktober 2017 tentang Penunjukan Narasumber dan Moderator Kegiatan Service Excellence KPPN Painan tahun 2017;
- Nota Dinas Kepala KPPN Painan Nomor ND-101/WPB.03/KP.142/2017 tanggal 9 Oktober 2017 perihal “Undangan Kegiatan Service Excellence”;
Penyelenggaraan Training “Service Excellence” KPPN Painan bertujuan untuk :
- Memastikan kembali peran pelayanan oleh petugas keamanan dan petugas layanan KPPN untuk melaksanakan standardisasi layanan;
- Memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada stakeholders penerima layanan;
- Membangun sikap responsif dan tanggap setiap pegawai / PPNPN dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
- Membangun dan menumbuhkan etos kerja, disiplin, rasa tanggung jawab dan jiwa melayani setiap pegawai dalam rangka mewujudkan pelayanan prima baik internal unit maupun terhadap pihak eksternal.
Kegiatan “Training Service Excellence” KPPN Painan telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017 bertempat di aula KPPN mulai pukul 15.00 s.d 17.00 WIB.
Peserta Kegiatan Training Service Excellence berjumlah 22 (dua puluh dua) orang yang terdiri dari 15 (lima belas) Pegawai KPPN Painan dan 7 (tujuh) orang pegawai PPNPN KPPN Painan.
Kegiatan dipandu oleh Sdri. Rini Yuningsih dengan pemateri dari Bank BRI Kantor Cabang Painan, yakni Bapak Edwin Bahar. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama merupakan kegiatan penyampaian materi oleh Bapak Edwin Bahar meliputi maksud dan tujuan pelayanan prima, aspek-aspek yang harus dipenuhi dalam pelayanan prima, tips dan trik menghadapi berbagai macam karakter penerima layanan dan kegiatan role play pelayanan prima seperti berkomunikasi via telepon, mendengarkan pelanggan serta mengatasi komplain pelanggan.
Kegiatan sesi dua yakni berupa sesi diskusi dan tanya jawab. Pada kesempatan ini beberapa peserta terlibat secara aktif menyampaikan permasalahan, pertanyaan serta pendapat yang berkaitan dengan upaya mewujudkan pelayanan prima.
Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama Keluarga KPPN Painan dengan Tim BRI pada pukul 17.00 WIB.
Kesimpulan dan Saran
Service Excellence adalah bentuk pelayanan terbaik yang dilakukan dengan tujuan menghadirkan kualitas pelayanan yang melampaui standar atau harapan penerima layanan. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan komitmen secara menyeluruh untuk bersama sama meningkatkan kualitas layanan mulai dari Pimpinan, Pegawai hingga PPNPN KPPN Painan.
Untuk mencapai service excellence pada suatu unit organisasi diperlukan konsistensi atau pemeliharaan atas hasil layanan terbaik yang selama ini telah dihasilkan. Sebagai rekomendasi, akan dibuatkan jadwal untuk kegiatan asistensi langsung kepada Petugas layanan dan Satpam KPPN Painan dengan dibantu Petugas CSO dan Satpam terbaik Bank BRI. Kegiatan asistensi direncanakan salah satunya berupa role play bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada Mitra KPPN Painan.
Perbaikan yang dilakukan secara konsisten dan melibatkan seluruh komponen KPPN Painan diharapkan mampu mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan sehingga berdampak pada meningkatnya rasa nyaman bagi pegawai maupun penerima layanan di KPPN Painan.