Jl. Ilyas Yacub No. 3 Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Corner Day 2017

Pelaksanaan corner day merupakan agenda wajib yang dilakukan pada lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk menguatkan implementasi transformasi kelembagaan yang berlangsung. Melalui acara corner day diharapkan para pegawai untuk dapat memahami perkembangan terkini seputar pelaksanaan transformasi kelembagaan yang berlangsung.

Selain itu setiap kantor diminta untuk menunjuk satu orang pegawai yang bertugas sebagai duta transformasi yagn diharapkan menjadi motor atau penggerak bagi kantor tersebut untuk memahami perkembangan terkini terkait transformasi kelembagaan yang sedang berlangsung.

Pada dasarnya pelaksanaan corner day sendiri diserahkan ke masing-masing kantor sesuai dengan kreativitas masing-masing duta. Yang penting apapun acaranya tujuan utama dari penyampaian transformasi kelembagaan yang sedang berlangsung dapat digambarkan dengan baik.

KPPN Painan mengadakan serangkaian acara untuk melaksanakan corner day tahun 2017 ini yakni :

 

1. KPPN Berseri (Bersih – Sehat – Riang);

Sebagai salah satu tujuan utama pariwisata di Pesisir Selatan, Pantai Carocok menempati urutan pertama total kunjungan wisatawan ke Pesisir Selatan. Dengan kunjungan yang melimpah tersebut, sampah menjadi salah satu masalah utama di Pantai Carocok khususnya untuk akhir pekan saat kunjungan wisatawan mencapai puncaknya.

Mengusung semangat go green, KPPN Painan ingin membantu permasalahan sampah yang terjadi di Pantai Carocok Painan sambil mengenalkan KPPN Painan pada khalayak umum. KPPN Painan mengambil waktu pada hari Jumat, 20 Oktober 2017, acara tersebut diselenggarakan dengan dukungan segenap pegawai dan PPNPN KPPN Painan. Hari jumat dipilih karena esok harinya merupakan puncak kunjungan wisatawan di Pantai Carocok Painan sehingga diharapkan pada saat hari Sabtu tersebut Pantai Carocok Painan telah bersih dari sampah.

Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WIB dengan berjalan kaki dari KPPN Painan ke Pantai Carocok Painan yang waktu tempuhnya sekitar 20 menit. Peserta langsung bergegas membersihkan area sekitar Pantai Carocok Painan. Sampah tersebut kemudian dikumpulkan dalam karung yang dibawa peserta sebelumnya. Selama 60 menit peserta membersihkan Pantai Carocok yang membawa hasil sampai dengan 2 karung sampah.

Kegiatan jalan sehat yang disertai dengan bersih-bersih pada Pantai Carocok Painan menarik perhatian warga sekitar dan pengunjung pada waktu itu. Kesempatan ini tidak disia-siakan sebagai ajang promosi KPPN Painan ke masyarakat sekitar. Acara bersih-bersih ini diusulkan untuk diselenggarakan secara rutin dengan menyasar tempat tujuan wisata di Painan

 

2. FGD Transformasi kelembagaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan III Tahun 2017;

Kegiatan kedua yang dilakukan adalah FGD Transformasi kelembagaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan III Tahun 2017 dengan mengundang perwakilan 20 Satker lingkup KPPN Painan dan para pegawai KPPN Painan. Acara ini terbagi menjadi dua bagian yakni evaluasi pelaksanaan anggaran triwulan III tahun 2017 dan penyampaian transformasi kelembagaan yang sedang berjalan pada Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Untuk acara evaluasi pelaksanaan anggaran triwulan III tahun 2017 berfokus pada penyampaian kinerja Satker secara umum sampai dengaan triwulan III tahun 2017 yang terbagi menjadi 8 topik bahasan yaitu :

  1. Penyerapan Anggaran
  2. Pengelolaan UP
  3. Penyelesaian Tagihan
  4. Data Kontrak
  5. Pengembalian/Kesalahan SPM
  6. Retur SP2D
  7. Dispensasi SPM
  8. Pagu Minus

 Masing-masing topik dibahas secara umum terkait dengan kinerja Satker sampai dengan triwulan III tahun 2017. Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan tanggapan Satker mengenai 12 topik bahasan tersebut dan masalah yang sedang dihadapi oleh Satker. Diskusi ini dipimpin secara langsung oleh Kepala KPPN dan TMR KPPN Painan. Dari diskusi ini, KPPN mendapat gambaran utuh mengenai permasalahan yang terjadi pada Satker sehingga dapat memberikan solusi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pada sesi kedua, acara penyampaian transformasi kelembagaan yang sedang berlangsung di Direktorat Jenderal Perbendaharaan dipimpin oleh Kepala KPPN Painan. Selain paparan, disampaikan beberapa video pelaksanaan corner day pada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan namun hanya yang berkaitan dengan kegiatan yang berlangsung di KPPN seperti materi Hai-DJPb, kartu kredit pemerintah, dan Cash Mismatch Protocol.

 

3. Pekan booth corner day KPPN Painan 2017;

Selama sepekan mulai dari tanggal 07 s.d 10 November 2017 diselenggarakanlah pekan booth corner day KPPN Painan yang bertempat di ruang layanan KPPN Painan. Booth corner day terbagi menjadi 4 bagian yakni :

  1. Backdrop tempat wisata di Painan
  2. Booth swafoto
  3. Pameran alat yang digunakan untuk operasional KPPN jaman dahulu
  4. TV untuk tayangan Corner Day Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan

 Acara tersebut dimulai pada tanggal 07 November 2017 dimulai dengan doa bersama yang rutin dilakukan tiap pagi dan dihadiri oleh seluruh pegawai dan PPNPN KPPN Painan. Setelah doa bersama ini, selanjutnya Kepala KPPN Painan menyampaikan arahan terkait transformasi kelembagaan yang sedang berlansung dan harapan kepada seluruh pegawai untuk membantu menyukseskan transformasi kelembagaan tersebut. Setelah sesi arahan oleh Kepala Kantor, Duta Transformasi KPPN Painan menyampaikan perkembangan Quickwins Dijen Perbendaharaan sampai dengan bulan Oktober 2017. Selanjutnya para pegawai dan PPNPN kemudian diajak untuk melihat pelaksanaan Corner Day Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang diselenggarakan sebelumnya. Sesi tanya jawab diadakan setelah peserta menonton seluruh video yang ada. Acara kemudian ditutup dengan swafoto antar seksi di KPPN Painan.

Pemutaran video ini tidak hanya selesai pada tanggal 07 November 2017, tetapi diputar selama jam layanan KPPN Painan pada 08.00 – 17.00 WIB sampai tanggal 10 November 2017 untuk mengabarkan kepada Satker mengenai transformasi kelembagaan yang sedang berjalan. Para petugas satker juga dibebaskan untuk swafoto pada booth yang telah disediakan.

 

4. Mancaliak-liak Corner Day 2016 dan Go Green

Pada tahun 2016, KPPN Painan mengadakan acara corner day dengan 2 kegiatan utama yakni :

  1. Game Tebak-Tebak Tranformasi Kelembagaan

Pada game tebak harapan peserta diharapkan untuk dapat  mejawab pertanyaan seputar transformasi kelembagaan yang sedang berlangsung pada tahun 2016 yakni dengan tema:

  • MPN G2
  • Pembayaran Gaji Pegawai Secara Langsung
  • SAKTI
  • SPAN
  • E-Rekon
  • E-SPM
  • Layanan Bersama
  • Sertifikasi Bendahara
  • HAI

Kesembilan topik ini telah diimplementasikan secara baik pada tahun ini kecuali layanan bersama dengan KPKNL yang hanya dilaksanakan pada KPPN yang berkantor pada kota dan komplek yang sama dengan KPPN.

  1. Pucuk Harapan Transformasi Kelembagaan

Setiap pegawai diberikan masing-masing satu pohon sebagai representasi dari harapan pegawai yag bersangkutan terkait dengan transformasi kelembagaan yang diharapkan akan terus tumbuh dan berkembang seiring waktu yang nantinya diharapkan dapat mengayomi lainnya. Program Corner Day 2016 ini kemudian diadopsi oleh Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada tahun 2017 sebagai program Go-Green.

 Perawatan pohon tersebut tidak sesuai dengan harapan sebelumnya yang mana beberapa pohon tidak dirawat sebagai mana mestinya oleh pegawai yang bersangkutan meskipun tanaman tersebut tidak sampai mati. Perawatan tanaman dilakukan oleh PPNPN KPPN Painan untuk menjaga agar pohon transformasi tersebut tumbuh dengan baik. Hal ini telah menjadi masukan utama untuk pelaksanaan corner day ke depan di KPPN Painan agar para pegawai menjalankan kewajibannya untuk menjaga yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Pesan Kesan Peserta

“Dengan corner day yang rutin diadakan tiap tahun ini dapat menularkan semangat transformasi kelembagaan ke pegawai di daerah”

Sularni. Pegawai KPPN Painan.

 

“Banyaknya inovasi yang dilakukan semoga dapat berguna buat peningkatan kinerja Satker ke depan”

Sukarman. Pegawai KPPN Painan.

 

“Selain untuk peningkatan layanan ke Satker, dapat juga peningkatan layanan ke pegawai sendiri melalui peningkatan penghasilan dan kemampuan”.

Aser Frengki Lae. Pegawai KPPN Painan.

 

“Kami sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukan yang sangat membantu kinerja kami di lapangan”

Martatis. Bendahara MAN Salido.

 

“semoga corner day ini berimbas ke layanan KPPN untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya”

Adi Susandi.  PPSPM MIN Kapencong

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search