Jl. Ilyas Yacub No. 3 Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Bimtek Capaian Output 2022 sebagai Wujud Laporan yang Lebih Baik

Kamis, 31 Maret 2022, bertempat di Ruang Kelas Sekolah MTsN 1 Salido Kabupaten Pesisir Selatan, KPPN Painan menyelenggarakan bimtek laporan capaian Output. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala KPPN Painan, Ibu Elwy Syahdely mengucapakan terima kasih kepada selruuh satker yang telah mengawal capaian output di tahun 2021 yang hasilnya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Laporan capaian output tahun 2021 sudah digunakan dalam rekap laporan keuangan di seluruh Kementerian/Lembaga. Capaian output di tahun 2022 menjadi tantangan bersama karena Badan Pemeriksa Keuangan tidak hanya melihat laporan keuangan saja tetapi melihat dari sisi output masing-masing K/L. Harapannya, semoga seluruh satker lingkup KPPN Painan bisa mengawal laporan capaian output ini dengan baik sehingga hasil capaian output yang diinput K/L secara mandiri bisa menunjukkan progress yang sesuai dengan capaian output masing-masing satker.

Bertindak sebagai narasumber kegiatan bimtek capaian output kali ini, Jafung PTPN KPPN Painan, Elsa Natalia Situmorang. Ada beberapa point yang disampaikan oleh narasumber terhadap perubahan pengisian data capaian output di tahun 2022 melalui aplikasi SAKTI, diantaranya :
1.    Interkoneksi data capaian output dari Aplikasi SAKTI ke aplikasi OMSPAN tidak lagi melalui proses penarikan data otomatis, namun melalui proses kirim data oleh operator PPK umum.
2.    Periode reguler pengisian dan pengiriman data capaian output dapat dilakukan mulai awal bulan berkenaan s.d hari kerja kelima bulan berikutnya. Sementara pengiriman data dapat dilakukan sejak tanggal 1 s.d hari kerja kelima bulan berikutnya.
3.    Penambahan fitur otomasi data untuk RO pada program dukungan manajemen dengan target 1 Layanan.


Disampaikan juga tata cara pengisian data capaian output melalui aplikasi SAKTI dan beberapa contoh penghitungan pengisian Realisasi Volume Rician Ouput (RVRO) dan Progres Capaian Rincian Output (PCRO) non kumulatif beberapa satker yang mau dijadikan contoh. Dalam pelaksanaan kegiatan kali ini, satker begitu antusias dan semangat dalam mengikuti bimtek capaian output. Hal ini terlihat dari interaksi beberapa peserta dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan mengingat selama tahun 2021 KPPN Painan tidak lepas selalu memotivasi, membina dan memberikan asistensi terhadap satker yang memiliki kendala dalam pelaporan.   

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search