Berita

Seputar KPPN Pati

KPPN PATI MELAKSANAKAN KEGIATAN EVALUASI PELAKSANAAN ANGGARAN BULAN JANUARI 2022

Dalam rangka melaksanakan amanat pimpinan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran Satker Lingkup KPPN Pati tahun 2022  dan implementasi program FGD Bertema, KPPN Pati melaksanakan FGD dengan Tema Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Periode Januari 2022. Kegiatan ini mengundang seluruh pengelola keuangan lingkup satker KPPN Pati yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 10 Februari 2022 pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB secara daring melalui ruang virtual Zoom.

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan evaluasi atas pelaksanaan anggaran satker lingkup KPPN Pati bulan Januari 2022 dengan memberikan gambaran mengenai hal-hal yang sudah baik yang harus dipertahankan dan hal-hal yang tidak sesuai dengan teknis Pelaksanaan Anggaran yang harus diperbaiki serta memberikan jalan keluar agar kesalahan serupa tidak terulang di periode mendatang, meningkatkan kerjasama dan menjalin keakraban dengan Satker mitra kerja KPPN Pati serta meningkatkan kinerja organisasi KPPN Pati dalam hal pelayanan kepada Satker yang berdampak pada peningkatan kualitas layanan dan pencapaian target-target kinerja seperti meningkatnya nilai IKPA.

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah materi Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Periode Januari TA 2021 dan isu-isu terkini dalam pelaksanaan anggaran seperti adanya rencana reformulasi IKPA serta  Evaluasi pelaksanaan implementasi SAKTI khususnya Modul Pelaksanaan Anggaran.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Hasan Purwanto Kepala Seksi Pencaiaran Dana dan Ibu Suhartini staf pada Seksi Pencairan Dana.

Materi evaluasi yang disampaikan terkait dengan  Pendaftaran Kontrak, Pengelolaan UP/TUP, Kesalahan SPM, Retur SP2D, Penyerapan Anggaran, Penyampaian Hardcopy SPM, Lain-lain Seputar SPM, Dokumen Lampiran SPM dan tatacara penulisan uraian SPM.

Sedangkan untuk materi evaluasi implementasi SAKTI disampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh satker yang telah dapat menggunakan aplikasi SAKTI dengan baik. Dan yang terpenting dalam proses implementasi ini sinergi dan komunikasi antara satker dan KPPN Pati terjalin dengan sangat baik dan produktif. Selanjutnya disampaikan juga dalam kesempatan tersebut adalah evaluai atas pengelolaan supplier baru dalam proses penerbitan SPM melalui aplikasi SAKTI.

Dalam sesi diskusi beberapa pertanyaan diajukan oleh satker dan telah diberikan solusi oleh narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut.

Sesuai dengan hasil kuesioner yang disampaikan peserta, peserta yang mengisi kuesioner sebagian besar menginginkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap bulan karena dirasa sangat bermanfaat. Dengan evaluasi secara rutin koreksi atas kesalahan dapat dilakukan lebih cepat dan dini.

Semoga dengan pelaksanaan evaluasi yang rencananya akan dilaksanakan secara rutin tiap bulan dapat mendukung terwujudnya pola penyerapan anggaran yang makin baik serta meningkatkan kualitas kinerja belanja pemerintah agar APBN benar-benar bisa berperan dalam ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bravo KPPN Pati. (MO)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pati
Jalan P. Diponegoro No. 102 Pati 59111
Tel: (0295)-381171

 

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search