Jl. Datu Insad, No. 79 Pelaihari – 70814

Berita

Seputar KPPN Pelaihari

Pendampingan Pembuatan SPM Gaji Induk ASN Bulan Januari 2022

KPPN Pelaihari telah menyelenggarakan kegiatan pendampingan pembuatan Gaji Induk ASN Bulan Januari 2022 pada aplikasi SAKTI sejak tanggal 2-9 Desember 2021 di Aula Gedung KPPN Pelaihari yang diikuti oleh seluruh satuan kerja pengelola APBN di wilayah Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan ini mendukung suksesnya implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Full Module di seluruh satuan kerja (satker)  Kementerian dan Lembaga Negara yang segera akan roll out di tahun 2022.

Peserta kegiatan terdiri dari operator aplikasi SAKTI serta Pejabat Pembuat Komitmen satker selaku pemegang user SAKTI.  Pejabat fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara, Vincentius Sony Mauboy,  dan Para trainer SAKTI KPPN Pelaihari diterjunkan  untuk mendampingi satker di kegiatan ini. Pendampingan dilaksanakan dengan memandu operator dalam proses pembuatan Gaji Induk bulan Januari 2022 pada aplikasi SAKTI. Terdapat 2 tahapan yaitu, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan.

   

Tahap persiapan dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: diawali dengan pemutakhiran data para pejabat perbendaharaan satker, kemudian pembuatan database pembayaran gaji induk pada aplikasi gaji eksisting (Aplikasi Gaji PNS Pusat satker), selanjutnya adalah proses rekon gaji ke KPPN. Setelah selesai tahap persipan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pada aplikasi SAKTI dengan langkah-langkah yaitu:  proses setting admin SAKTI,  pembuatan supplier pegawai,  pendaftaran supplier baru,  pembuatan Surat perintah Pembayaran (SPP) oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),  Kelima, pembuatan Surat Perintah Membayar (SPM) oleh Pejabat Penandatanganan SPM (SPM), dan  proses pengiriman SPM Gaji Januari 2022 ke KPPN melalui mekanisme One Time Password SMS Pejabat PPSPM. Kegiatan berjalan lancar, dan para peserta kegiatan  mengikuti dengan penuh antusias selama jalannya acara.

Kegiatan pendampingan ini diharapan semua satker dapat mengajukan SPM Gaji Induk bulan Januari 2022 ke KPPN Pelaihari secara tepat waktu sebelum 10 Desember 2021. Sedangkan harapan kedepan,  kegiatan pendampingan tersebut  dapat mendukung suksesnya implementasi Aplikasi SAKTI secara penuh (roll out) di tahun 2022.


 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search