Jalan Jenderal Sudirman No.99, Sanggau - 78516

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Sanggau Mengajar, Mengenal APBN Sejak Dini

Sanggau  -  KPPN selaku Kuasa Bendahara Umum Negara (BUN) di daerah memiliki tugas memastikan pengelolaan keuangan negara yang telah ditetapkan dalam APBN digunakan dengan sebaik dan seefektif mungkin di wilayah kerjanya. Selain itu, informasi mengenai penggunaan APBN harus dapat disampaikan secara transparan ke publik. KPPN Sanggau selaku Kuasa BUN di daerah berperan dalam penyampaian informasi terkait APBN kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Sanggau. Oleh sebab itu, KPPN Sanggau mengadakan sosialisasi mengenai APBN di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sanggau pada hari Sabtu, 3 Februari 2018 sebagai bagian dalam rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018. Bertempat di Aula MAN Sanggau, KPPN Sanggau melakukan sosialisasi terkait APBN kepada siswa/siswi MAN Sanggau untuk mengenalkan sejak dini pengelolaan keuangan negara melalui APBN. Materi yang disampaikan berupa pengenalan secara umum siklus pengelolaan APBN di Indonesia dan realisasi APBN lingkup KPPN Sanggau pada tahun 2017 serta materi tambahan terkait sekolah kedinasan dibawah naungan Kementerian Keuangan yaitu Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). 

Materi mengenai APBN disampaikan oleh Sdr. Ardha Wahyu Mahardhika selaku Treasury Management Representative (TMR) KPPN Sanggau. Dalam penyampaiannya, secara garis besar dijelaskan siklus umum pengelolaan APBN di Indonesia mulai dari Perencanaan sampai Pertanggungjawaban lalu dilanjutkan dengan realisasi belanja APBN di wilayah bayar KPPN Sanggau termasuk hasil nyata pengelolaan APBN yang dapat dilihat di Kabupaten Sanggau. Setelah selesai, acara dilanjutkan dengan ice breaking berupa joget bersama siswa/siswi MAN Sanggau dengan para pegawai KPPN Sanggau beserta games singkat dan pemberian merchandise yang dipandu oleh Sdr. Phelips Purba. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tambahan yaitu sosialisasi singkat tentang PKN STAN sebagai salah satu perguruan tinggi yang dapat dipilih oleh para siswa untuk melanjutkan pendidikan. 
Di akhir rangkaian acara, kegiatan diskusi dan tanya jawab berhadiah dilakukan untuk memastikan seluruh informasi telah tersampaikan secara jelas kepada para siswa dan menambah semarak acara. Setelah seluruh rangkaian acara selesai dilakukan, acara kemudian ditutup oleh Kepala KPPN Sanggau, Ibu Ika Hermini Novianti. Tak lupa agenda foto bersama menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan setelah selesai melakukan satu acara.
Well, semoga sukses dalam menggapai seluruh cita-cita para siswa/siswi MAN Sanggau. Kami tunggu kontribusi kalian di Keluarga Besar Kementerian Keuangan. 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sanggau
Jalan Jenderal Sudirman No.99 Sanggau - 78516
Tel: (0564) 23300

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

ADUIN167  
 

Search