KPPN Sumedang menggelar kegiatan acara Service Excellent/Capacity Building Triwulan IV tahun 2024 dengan tema “Ultimate Service” pada hari Rabu tanggal 20 November 2024 mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Bertempat di Aula KPPN Sumedang.
Service Excellent/Capacity Building ini diikuti oleh seluruh pejabat, pegawai, dan PPNPN KPPN Sumedang, serta perwakilan dari satuan kerja yaitu Pengadilan Agama Sumedang, Pengadilan Negeri Sumedang ,Kantor Kementerian Agama Kab. Sumedang, Polres Sumedang, Lembaga Permasyarakatan Sumedang, dan Kantor Pertanahan Kab. Sumedang.
Kegiatan dibuka oleh Kepala KPPN Sumedang, Bapak Nur Arif Wuryanto. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik.
Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan tersebut yaitu Ibu Anggita Saraswati Dwi Kania, dari Bank BSI Kantor Cabang Sumedang.
Pelaksanaan materi dimulai dengan pemaparan narasumber yang menjelaskan konsep Ultimate Service. Ultimate Service adalah value dalam melayani yang memastikan pelanggannya untuk terus kembali lagi dan terikat secara emosional. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang bagaimana menangani keluhan dengan metode DETIK (Dengarkan, Empati, Tenangkan, Identifikasi solusi, dan Kepedulian) yang sangat relevan dengan perkembangan zaman yang serba cepat ini. Peserta diajarkan untuk menghadapi komplain dengan sikap yang positif dalam menyelesaikan masalah dengan penuh empati dan profesionalisme.
Materi utama yang disampaikan mencakup dua aspek penting dalam memberikan pelayanan berkualitas, yaitu:
- Tangible (Sarana dan Prasarana) meliputi Fasilitas yang modern dan sistem digital yang terintegrasi, dan
- People (Sikap, Skill, dan Penampilan) meliputi Penampilan dan sikap yang profesional dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
Agenda kegiatan dilanjutkan dengan sesi roleplay dan diskusi kelompok untuk membahas bagaimana mengaplikasikan materi dalam situasi nyata. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berlatih langsung dalam sesi roleplay untuk mempraktikkan materi keterampilan yang diperoleh.
Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik melalui pengembangan kapasitas dan keterampilan para pejabat, pegawai, dan PPNPN KPPN Sumedang serta satuan kerja mitra yang berkolaborasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada peserta melalui pembekalan materi dan pelatihan tentang Ultimate Service yang mencakup pengembangan service mindset, communication skill, handling complaint, dan roleplay..
Di era digital, penting bagi setiap pegawai untuk memiliki service mindset yang baik agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Keluhan yang muncul di media sosial bisa berpotensi viral, sehingga pelatihan ini diharapkan mampu mempersiapkan pegawai untuk menangani berbagai keluhan dan menjaga kualitas layanan yang diberikan.
Pelaksanaan Service Excellent/Capacity Building ini diharapkan memberikan penyegaran dan peningkatan kapasitas kepada seluruh pegawai dan mitra KPPN Sumedang. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan seluruh peserta dapat menerapkan prinsip-prinsip Ultimate Service dalam pekerjaan mereka sehari-hari, memberikan layanan yang lebih baik, serta menjalin hubungan yang lebih baik dengan masyarakat dan stakeholder lainnya.
Kepala KPPN Sumedang berharap agar kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik di masa depan, yang tentunya berdampak positif pada kepuasan masyarakat serta citra KPPN Sumedang sebagai instansi pemerintah yang profesional.