Sungai Penuh, 24 Februari 2022 - KPPN Sungai Penuh melakukan survey kepuasan pengguna layanan semesteri II 2021. Kegiatan survei dilaksanakan pada tanggal 14, 15, 16, dan 20 bulan September tahun 2021 dengan cara berkunjung langsung ke kantor responden. Adapun agenda dalam kunjungan tersebut tidak hanya untuk melakukan survei tingkat kepuasan pengguna layanan, namun juga untuk melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran (Monev PA) dan kegiatan penyerahan penghargaan satker terbaik berdasarkan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) periode triwulan II tahun 2021.
Pada saat kunjungan, perwakilan dari KPPN terlebih dahulu melaksanakan Monev PA dengan memaparkan capaian IKPA satker tersebut periode Januari 2021 sampai dengan Juni 2021. Pada komponen IKPA yang belum maksimal nilainya maka dilakukan konfirmasi tentang penyebabnya kepada para pejabat perbendaharaan satker tersebut. Setelah mendengar penjelasan dari satker, perwakilan dari KPPN akan memberikan tips dan saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai komponen IKPA tersebut di periode selanjutnya. Setelah Monev PA selesai, selanjutnya perwakilan KPPN menyerahkan piagam penghargaan kepada para satker dengan nilai IKPA terbaik.
Setelah penyerahan piagam selesai, perwakilan KPPN memberikan link Google Form survei tingkat kepuasan pengguna layanan kepada operator dan atau bendahara satker tersebut untuk diisi. Google Form dimaksud memuat total 85 pertanyaan yang terdiri dari 5 pertanyaan terkait identitas responden, 40 pertanyaan terkait tingkat kepentingan layanan dan 40 pertanyaan tingkat kepuasan terhadap layanan KPPN Sungai Penuh.
Dari survei yang dilaksanakan, diperoleh jawaban dari 31 responden yang berasal dari 20 satker. Hasil dari survey tersebut adalah Indeks rata-rata nilai kepuasan Seksi PDMS adalah 4.86, Seksi Bank 4.87, Seksi Vera KI 4.91 dan Subbagian umum 4.86. Jika dirata-rata nilai kepuasan layanan KPPN Sungai Penuh adalah 4.88 dari skala 5. Nilai kepuasan ini mengalami peningkatan jika dibanding tahun lalu yang berada di angka 4,8. Meskipun secara keseluruhan nilai kepuasan sudah sangat baik dan meningkat jika dibanding tahun sebelumnya, namun ada beberapa saran dan masukan dari responden yang perlu untuk dilakukan pembahasan tentang perlu atau tidaknya saran dan masukan tersebut ditindaklanjuti, siapa unit penanggung jawabnya (UIC) dan kapan target penyelesaian atas tindak lanjut tersebut.
KPPN Sungai Penuh mengucapkan terimakasih kepada seluruh satuan kerja yang berpartisipasi dalam mengisi survei, saran dan masukan yang disampaikan, semoga KPPN Sungai Penuh dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya.
Oleh: Kontributor KPPN Sungai Penuh