Tanjungpinang

TINGKATKAN SINERGI LAYANAN, KPPN TANJUNGPINANG LAKUKAN KOORDINASI TEKNIS DENGAN KEPALA KANWIL KEMENKUMHAM KEPRI

 

     Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpinang kembali melakukan kegiatan kunjungan Satuan Kerja (Satker) dalam rangka peningkatan kualitas layanan. Kali ini, Satker yang dikunjungi adalah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Riau (Kemenkumham Kepri). Kunjungan ini tepat dilakukan, mengingat Satker yang berada dibawah kewenangan Kepala Kanwil Kemenkumham Prov. Kepri cukup banyak yakni dua puluh satu Satker. Satker tersebut diantaranya adalah Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjungpinang, Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjungpinang, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Tanjungpinang dan satker dilingkup Kanwil Kemenkumham Kepri sendiri. Kepala KPPN Tanjungpinang, Aprijon, berkunjung ke Kanwil Kumham Kepri pada Kamis Pagi (9/9/21), disambut langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Bapak Husni Thamrin di ruang kerjanya. Orang nomor satu di Kanwil Kumham Kepri ini menyampaikan ucapan terimakasih sehubungan kesediaan KPPN Tanjungpinang menyempatkan diri hadir dan berkunjung ke kantornya. Acara formal terkait koordinasi teknis dilanjutkan di ruang rapat, dihadiri oleh pejabat lingkup Kanwil Kemenkumham Kepri dan turut hadir Kepala Satker Rupbasan Tanjungpinang, Achmad Adrian, sebagai salah satu unit kerja dibawah Kanwil Kemenkumham yang akan menerima penghargaan pengelola kinerja anggaran terbaik. Dalam arahan di awal rapat, Kepala Kanwil menyampaikan bahwa Satker yang berada dibawah kendalinya sebanyak 21 unit kerja, tersebar dari Tanjungpinang, Kabupaten Lingga hingga ke Kabupaten Natuna. Beliau berharap agar KPPN Tanjungpinang selalu memberi pembinaan terhadap pelaksanaan pencairan anggaran di wilayah kerjanya.

     Selanjutnya Aprijon pada kesempatan berikutnya menyampaikan apresiasi atas kinerja Satker yang berada dibawah Kanwil Kemenkumham Kepri. Hal ini terbukti dengan keberhasilan dua Satker meraih prestasi pengelolaan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Semester I 2021, Kategori Pagu dana hingga Rp 10 miliar. Satker dimaksud adalah Rupbasan Tanjungpinang (650223) dan Kanwil Kemenkumham Kepri (667788) yang masing-masingnya meraih peringkat II dan III. Ia berharap prestasi ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Namun Aprijon berpesan bahwa masih ada sebagian kecil Satker lingkup Kemenkumham Kepri yang perlu mendapat perhatian dalam pengelolaan kinerja pelaksanaan anggaran. Pada kesempatan ini pula Aprijon mengingatkan bahwa dari 13 Indikator dalam penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), masih ada yang perlu menjadi perhatian agar nilai IKPA Satker Kemenkumham Kepri bisa maksimal, yakni Akurasi Halaman III DIPA, Penyerapan Anggaran dan Capaian Output. Rerata nilai IKPA satker Kemenkumham Kepri sudah meraih nilai diatas 95 pada skala 100. Ia berbagi kiat dalam upaya peningkatan nilai kinerja pada indikator ini. Untuk meningkatkan akurasi dalam perencanaan belanja sesuai halaman III DIPA setiap bulan, Satker agar melakukan rencana aksi diawal bulan dan melakukan evaluasi serapan di minggu akhir setiap bulannya. Sementara untuk meningkatkan penyerapan anggaran, disamping mengoptimalkan kegiatan yang berkorelasi dengan serapan dana, juga dengan melakukan evaluasi ketercapaian target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagai sumber dana utama satker di Kemenkumham disamping dana Rupiah Murni (RM). Jika target PNBP meleset dari rencana awal, sebaiknya Pagu DIPA di rasionalisasi dengan melakukan pengurangan pagu DIPA melalui revisi DIPA, agar persentase serapan anggaran meningkat. Atau bisa juga mengajukan realokasi dana ke Unit Eselon I Kemenkumham yang menangani anggaran BA 013 (Kementerian Kumham), untuk meralokasi dana yang tidak terpakai ke Satker lain di lingkup Kemenkumham yang membutuhkan. Kiat untuk meningkatkan nilai Capaian Output adalah dengan melaksanakan kegiatan sesuai rencana dan tidak menumpuk kegiatan diakhir tahun anggaran. Selain itu perlu juga koordinasi intensif dengan KPPN Tanjungpinang jika terkendala dalam pengisian Capaian Output pada aplikasi yang sudah tersedia.

     Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi, salah satu yang ditanyakan oleh Kakanwil Kemenkumham Kepri adalah tentang upaya meningkatkan penyerapan anggaran. Sementara Pejabat lain bertanya terkait proses pencairan dana Perjalanan dinas diluar mekanisme pembayaran melalui Uang Persediaan. Acara ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan satker terbaik IKPA, penyerahan plakat kenang-kenangan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri dan Kepala KPPN Tanjungpinang serta foto bersama di ruang pelayanan Kanwil Kemenkumham Kepri. Acara koordinasi teknis ini diselenggarakan dengan senantiasa memperhatikan protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran Virus COVID-19.

 

kontributor : -Apr-

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search