Tanjungpinang

Menggapai Visi, Lewat Capacity Building

 

     Kita sebagai manusia sesuai dengan kodratnya sudah pasti mempunyai keterbatasan. Namun dalam keterbatasan, kita bisa berimprovisasi mengatasi keterbatasan dengan berbagai alternatif cara. Begitu pula terhadap keterbatasan dalam dunia kerja, tak terkecuali dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan ini, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) tipe A1 Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Capacity Building. Mengikuti makna harfiahnya, kegiatan Capacity Building Semester II tahun 2021 ini diselenggarakan di tempat asri dan terbuka dengan di dominasi kegiatan fisik dalam pelaksanaannya. Madu Tiga Beach  &  Resort di wilayah Trikora  Bintan menjadi pilihan kali ini sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Capacity Building. Tak salah tentunya lokasi kegiatan jatuh ke tempat ini. Pantai Trikora dengan keindahan dan keasriannya, para pegawai akan merasa nyaman dalam membuang kejenuhan dari aktivitas kantor selama beberapa bulan ini. Kegiatan Capacity Building kali ini dilaksanakan pada Sabtu (27/11/2021), diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Tanjungpinang beserta tenaga honorer/PPNPN. Agenda kegiatan dilaksanakan sejak pagi hari, diawali dengan do’a ketika berkumpul di kantor sebagai titik kumpul. Perjalanan menuju Madu Tiga Beach & Resort ditempuh sekira 1 jam lamanya, dilanjutkan dengan agenda Service Excellent dengan narasumber berasal dari Bank Riau Kepri.

     Tujuan dilaksanakan Service Excellent ini adalah guna meningkatkan kapasitas Sumberdaya Manusia terutama kepada petugas KPPN Tanjungpinang yang bertugas sebagai front liner yang langsung melayani stakeholders.   Pemilihan narasumber dari Bank Riau Kepri disamping guna menyerap ilmu layanan kepada pihak yang dilayani juga merupakan wujud sinergi kelembagaan KPPN Tanjungpinang dengan Perbankan sebagai mitra kerja. Setiap periodik, agenda Capacity Building selalu menghadirkan narasumber Service Excellent secara bergantian dari pihak bank, selaku mitra kerja KPPN Tanjungpinang. Periode semester lalu menghadirikan narasumber dari Kantor Bank Mandiri Cabang Tanjungpinang. Banyak pengetahuan yang disampaikan narasumber yang berguna bagi peningkatan kualitas layanan publik di KPPN Tanjungpinang, seperti bagaimana sikap petugas Front office dan Customer Service officer ketika menghadapi tekanan dari satuan kerja yang merasa kurang puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Penyelenggaraan acara pada kegiatan Service Excellent ini diselenggarakan dalam suasana hangat dan interaktif dengan penuh keramahan. Tak lupa narasumber menyediakan door prize kepada peserta yang aktif dalam berdiskusi. Usai acara, Kepala KPPN Tanjungpinang, Aprijon memberikan cinderamata berupa Plakat KPPN Tanjungpinang kepada pihak Bank Riau Kepri sebagai tanda terimakasih atas kesediaan Bank Riau Kepri berbagi ilmu dalam pelayanan.

     Usai kegiatan Service Excellent acara dilanjutkan dengan kegiatan fun games di alam terbuka. Fun Games yang dikemas panitia acara tidak semata-mata hiburan, melainkan syarat dengan nilai-nilai terkandung didalamnya seperti integritas dalam bertanding dengan menghindari kecurangan, sinergi antar anggota kelompok, kreatifitas dan profesionalisme dalam menyelesaikan tantangan tugas. Acara seperti ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan yang ditandai dengan membaurnya para pejabat KPPN Tanjungpinang dengan staf  bahkan dengan tenaga honorer. Setelah “ramai” dalam agenda fun games, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama sekaligus menyanyi karaoke bergantian diiringi joget ceria para pegawai dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba fun games. Dalam kegiatan Capacity Building ini juga turut serta keluarga besar dari para pegawai yang membawa anggota keluarga selama bertugas di KPPN Tanjungpinang. Selama kegiatan ini selalu memperhatikan protokol kesehatan yang ketat seperti mengenakan masker dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran COVID-19.

           

 

Kontributor : Apr

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search