Tanjungpinang

Kogabwilhan I Hattrick Raih Peringkat Pertama LPJ Bendahara

 

     Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I merupakan satu dari dua ratus enam Satuan Kerja (Satker) wilayah bayar KPPN Tanjungpinang. Satker ini merupakan satuan kerja baru yang mulai mengelola dana sendiri melalui penerbitan  Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) mulai tahun anggaran 2021 ini. Kendati tergolong anyar, namun tidak menyurutkan hasrat Satker Kogabwilhan I untuk meraih prestasi dalam pengelolaan dana APBN yang diterimanya. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Satker Kogabwilhan I meraih prestasi gemilang sebagai penerima penghargaan Peringkat I dari KPPN Tanjungpinang tiga kali berturut-turut. Hattrick ini tentu bukan sesuatu kebetulan. Andil Pimpinan dalam mengkoordinasikan staf keuangan menjadi hal yang sangat menentukan tingkat keberhasilan dalam pengelolaan anggaran. Pimpinan Kantor selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) menjadi pihak yang bertanggungjawab terhadap kualitas pengelolaan anggaran yang efisien, efektif dan akuntabel.

     Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I), Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, SE, MM, MTr Opsla sekaligus sebagai KPA Satker Kogabwilhan I menjadi satu dari sedikit KPA yang berhasil mewujudkan pengelolaan anggaran yang berkualitas. Tentu bukan hanya sebatas ucapan, ini dibuktikannya melalui pencapaian prestasi tertinggi pada kriteria pengelolaan dana pada bendahara selaku salah satu pejabat perbendaharaan yang telah diangkat dan dibina oleh Panglima. Pada kriteria Penilaian kualitas dan ketepatan waktu penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara, Satker Kogabwilhan I berhasil meraih Peringkat I tiga kali berturut-turut yakni periode penilaian Triwulan I 2021, Semester I 2021 dan triwulan III 2021 pada kategori Uang Persediaan diatas Rp 200 juta. Ini menandakan Kogabwilhan I telah patuh pada regulasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor PMK 162/PMK.05/2013 tentang kedudukan dan tanggungjawab Bendahara pada satuan kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

     Menyikapi prestasi fenomenal ini, Kepala KPPN Tipe A1 Tanjungpinang, Aprijon, S.E, M.M., datang langsung bertemu dengan Panglima Kogabwilhan I pada hari ini (24/12/2021) dalam rangka menginformasikan kinerja anggaran dan menyerahkan piagam penghargaan serta SK penetapan peringkat LPJ Bendahara. Silaturahim  Kepala KPPN Tanjungpinang kepada Panglima Kogabwilhan I ini merupakan kali kedua. Sebelumnya Aprijon juga datang menyerahkan langsung penghargaan pada kriteria yang sama kepada Panglima sebelumnya yang saat ini telah memasuki masa purnabakti. Pada kesempatan ramah-tamah Aprijon bercerita kepada Panglima bahwa Satker Kogabwilhan I merupakan Satker  fenomenal yang bisa meraih prestasi LPJ Bendahara walau masih “seumur jagung” mendapatkan DIPA. Begitupun dalam  pengelolaan Kinerja Pelaksanaan Anggaran sudah berhasil meraih serapan anggaran hampir 100% dengan capaian output sudah 100%. Panglima menyambut positif prestasi dari jajaran keuangannya. Beliau berterimakasih pada KPPN Tanjungpinang yang telah berkenan membina dan memberikan asistensi aktif kepada para staf keuangannya. Orang nomor I pada Kogabwilhan I mengharapkan kerjasama yang baik ini tetap terpelihara dan Kogabwilhan I tetap eksis mempertahankan prestasi yang baik ini. Turut hadir pada pertemuan kali ini Asrena Kaskogabwilhan I Brigjen TNI Aang Gunawan, S.Sos. serta Kepala Keuangan Kogabwilhan I Kolonel Laut (S) Hery M. Nur Isa Z, S.T.M.M. yang sekaligus menjabat sebagai Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM). Kolonel Hery menimpali apa yang disampaikan Panglima bahwa KPPN Tanjungpinang sangat peduli dan membantu sekali dalam kegiatan edukasi baik berupa bimbingan teknis maupun sosialisasi tentang peraturan kepada Satker Kogabwilhan I diawal sejak menerima DIPA.

     Usai ramah tamah dan pembahasan teknis pelaksanaan anggaran, Aprijon menawarkan pada Panglima dan jajarannya kiranya berkenan berkunjung ke Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau sekaligus mampir ke KPPN Tanjungpinang yang kebetulan berada pada gedung yang sama di Pulau Dompak Tanjungpinang. Acara ditutup dengan penyerahan piagam Peringkat I LPJ Bendahara dan Surat Keputusan Penetapan Peringkat LPJ Bendahara serta foto bersama. Selama kegiatan kunjungan kerja ini berlangsung, semua pihak senantiasa memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan.

 

 

     Kontributor : Apr

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search