Tanjungpinang

Rabu, 14 Desember 2022. KPPN Tanjungpinang telah menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Satker Pelaksana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Provinsi Kepulauan Riau. Rapat secara tatap muka yang dilaksanakan di ruang rapat KPPN Tanjungpinang dipimpin oleh Kepala Seksi MSKI KPPN Tanjungpinang serta dihadiri oleh para pejabat perbendaharaan dari 42 satker penerima dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyampaian informasi dan evaluasi pelaksanaan anggaran serta strategi peningkatan kinerja menjelang akhir tahun anggaran 2022.

Rapat diawali dengan sambutan oleh Kepala KPPN Tanjungpinang, Teguh Irwono. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Akhir tahun anggaran 2022 hanya menyisakan 13 Hari Kerja lagi. Tentu selama tahun anggaran ini, para satker telah mengalami beberapa perubahan kebijakan dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih menjadi tantangan bersama. Beliau juga merangkum kondisi Pelaksanaan anggaran satker Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan tahun 2022, berdasarkan data penyerapan anggaran dari aplikasi OMSPAN per tanggal 09 Desember 2022. Pada kesempatan tersebut beliau juga menghimbau kepada para satker agar dapat melakukan percepatan belanja sehingga penyerapan anggaran dapat lebih optimal. 

Kemudian rapat dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Seksi MSKI, Atep Hasan. Dalam materi yang disampaikan, Beliau memaparkan terkait IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) yang diawali dengan overview komponen penilaian IKPA 2022 diantaranya meliputi penyerapan anggaran, Belanja Kontraktual, penyelesaian tagihan, pengelolaan UP/TUP, Deviasi Halaman III DIPA, Revisi DIPA, Capaian Output, penyelesaian tagihan, dan Dispensasi SPM. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut masih terdapat beberapa satker Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan yang memiliki kinerja pelaksanaan anggararan belum optimal. Oleh karena itu, narasumber memberikan strategi untuk optimalisasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran.

 

Setelah pemaparan materi dari narasumber, rapat dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi diskusi, beberapa satker dengan penyerapan dan IKPA yang belum maksimal menyampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi satker dalam pelaksanaan anggaran.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini berjalan dengan lancar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi serta kinerja pelaksanaan anggaran satker pengelola dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Provinsi Kepulauan Riau.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search