Tanjungpinang

Berita

Seputar KPPN Tanjung Pinang

REFRESHMENT PENDAFTARAN USER DAN AKTIVASI OTP APLIKASI SAKTI

Dalam rangka pelaksanaan anggaran tahun 2023 dan guna memperlancar proses pencairan/ penyampaian SPM dari satuan kerja ke KPPN Tanjungpinang, maka terdapat beberapa syarat yang harus dilengkapi oleh satker mitra kerja KPPN Tanjungpinang. Salah satu syarat tersebut ialah terkait dengan pendaftaraan user SAKTI. Namun ternyata dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa satker yang masih salah dalam mengajukan formulir pendaftaran user sehingga tertolak oleh KPPN dan menjadikan pendaftaran user SAKTI yang dapat diproses oleh KPPN Tanjungpinang dalam sehari menjadi terkendala hingga beberapa hari. Hal ini tentu menghambat proses pencairan/ penyampaian SPM satker.

Sehingga untuk meningkatkan pemahan satker terkait dengan proses pendaftaran user dan aktivasi OTP aplikasi SAKTI dan juga menghindari kesalahan satker dalam mengajukan pendaftaran user sakti ke KPPN serta untuk  menghindari terhambatnya kegiatan pencairan/ penyampaian SPM pada satker akibat dari kesalahan berulang saat pengajuan pendaftaran user sakti, KPPN Tanjungpinang menyelenggarakan Kegiatan  Refreshment Pendaftaran User Dan Aktivasi OTP Aplikasi Sakti.

Kegiatan Refreshment Pendaftaran User dan Aktivasi OTP Aplikasi SAKTI dilaksanakan secara hybrid pada hari Senin, 30 Januari 2023 pada pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB. Pemateri pada kegiatan kali ini adalah Saudara Dimas Prasetya Wirlandana. Adapun materi yang dibawakan ialah seputar Juknis modul admin dan pendaftaran email dan user sakti. Pada materi pertama yaitu juknis modul admin dijelaskan mengenai apa itu admin SAKTI, jenis peran dan kewenangan user SAKTI, pendaftaran user SAKTI, serta tugas admin lokal. Sedangkan pada materi kedua yaitu terkait dengan pendaftaran email dan user sakti dijelaskan mengenai petunjuk pengisian peran pada form pengguna serta studi kasus terkait dengan pengisian peran tersebut.

Kegiatan Refreshment Pendaftaran User dan Aktivasi OTP Aplikasi SAKTI dilakukan di awal tahun anggaran 2023 dikarenakan masih terdapat kendala dari satker terkait dengan pendaftaran user baru SAKTI. Dalam kegiatan refreshment ini terdapat sesi diskusi dan tanya jawab, sehingga melalui sesi tersebut dapat diketahui bahwa masih terdapat satker-satker yang kurang paham terkait dengan pengajuan pendaftaran pengguna baru SAKTI. Terlebih para pegawai yang menempati posisi baru di pekerjaannya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan satker mengetahui ketentuan dalam Pendaftaran User dan Aktivasi OTP Aplikasi SAKTI seperti apa itu admin sakti yang memuat pengertian admin dan lingkup tugas admin satker; jenis peran dan kewenangan user SAKTI yang memuat jenis peran, kewenangan, kelompok pengguna pada pejabat, serta user pada modul SAKTI; pendaftaran sakti mail yang memuat alur, syarat, form referensi satker, SK user SAKTI, form pendaftaran user, SAKTI mail; tugas admin lokal; serta petunjuk pengisian peran pada form pengguna.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search