Tanjungpinang

Meneladani Akhlak Rasulullah dalam Membangun Integritas

 

Dalam ayat tersebut disebutkan ada 3 syarat kita menjadi orang yang meneladani Rasul. Pertama, Kita sudah beriman kepada Allah. Kedua, Kita sudah beriman pada hari akhir. Dan ketiga, Saat hidup di dunia ini kita mengingat Allah dalam seluruh aktivitas kita. Artinya kalau kitai ingin memiliki integritas seperti Rasulullah SAW tadi (Shiddiq, Amanah, Fathonah,Tabligh) maka kita harus terlebih dahulu meyakini Allah SWT, hari akhir dan terus-menerus tanpa henti mengingat Allah SWT.

Untuk itu, dalam rangka penguatan integritas pegawai KPPN Tanjungpinang melalui penguatan nilai-nilai religiusitas dan sebagai bagian dari peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA), KPPN Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Mental dan Kerohanian Islam pada hari Jumat, 30 Desember 2022 yang diisi oleh Bapak H. Rostam Effendi, S.Ag selaku pemateri.


 

Apa itu Integritas?

Rasulullah SAW dan para rasul-rasul Allah memiliki 4 sifat wajib, 4 sifat mustahil dan 1 sifat jaiz. 4 sifat wajib tersebut adalah Shiddiq yang artinya kejujuran, Amanah yang artinya boleh dipercaya, Fathonah yang artinya kecerdasan, serta Tabligh yang artinya kewajiban menyampaikan. 4 sifat tersebut merupakan cerminan Integritas yang dimiliki oleh Rasulullah SAW.

Integritas adalah keselarasan antara hati, pikiran, perkataan dan perbuatan yang baik dan benar. Sebagaimana Rasulullah SAW memiliki sifat shiddiq dimana Keselarasan hati, pikiran, perkataan dan perbuatan merupakan ciri daripada Rasulullah SAW. Hati terkait dengan iman, pikiran terkait dengan ilmu, perbuatan dan perkataan terkait dengan amal soleh.

Integritas dimulai dari hati (qalbu). Hati yang terbimbing oleh iman bahwa Allah SWT memperhatikan kita, Allah SWT mencatat hidup kita, Allah SWT akan memintai pertanggungjawaban hidup kita di akhirat kelak. Maka lahirlah dari keyakinan hati itu pikiran-pikiran yang positif, perkataan yang jujur, perbuatan yang selaras dengan aturan. Perlu kita yakini bahwa hati, pikiran, perbuatan dan perkataan Rasulullah SAW lah yang membuat dakwah beliau sukses. Suksesnya dakwah Rasulullah SAW karena integritas yang dimilikinya.

Mengingat Allah SWT tanpa henti

Untuk membangun integritas maka Ingatlah Allah SWT dalam setiap aktivitas. Mulailah setiap urusan yang baik dengan mengingat Allah SWT dan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim agar Allah SWT ridha. Dengan kita mengagungkan nama Allah SWT sebelum memulai aktifitas maka insyaAllah dapat membantu kita menghindari tindakan yang merugikan dan bertentangan dengan hati nurani.

Oleh karena itu, diharapkan seluruh pegawai KPPN Tanjungpinang dapat senantiasa meneladani akhlak Rasulullah SAW dalam membangun integritas pada kehidupan dan aktivitas sehari-hari agar dapat menghantarkan pada kesuksesan yang diridhai oleh Allah SWT.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search