Tanjungpinang

Aktualisasi Nilai Edukasi dari Peristiwa Penting pada Bulan Rajab (Isra Mi’raj)

 

Jumat, 27 Januari 2023 KPPN Tanjungpinang Kembali mengadakan kegiatan  Pembinaan Mental dan Kerohanian. Penyampaian materi Bintal disampaikan oleh Ustadz Fadloli terkait Pembinaan Mental dan Kerohanian dengan tema Aktualisasi Nilai Edukasi dari Peristiwa Penting pada Bulan Rajab (Isra Mi’raj). Dalam pemaparan tersebut bekuai menyampakan:

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan yang sangat dimuliakan dalam islam. Yang dinamakan bulan haram adalah bulan dimana Allah mengharamkan bagi hambanya untuk menganiaya diri sendiri atau berbuat sesuatu yang haram. Ibnu Abbas mengatakan Allah SWT mengkhususkan empat bulan sebagai bulan haram sebab jika berbuat dosa pada bulan-bulan tersebut maka dosanya akan lebih besar dibandingkan dengan bulan lain. Begitupun sebaliknya, barangsiapa berbuat amal sholih maka ganjarannya juga berlipat-lipat.

Setelah Nabi melewati tahun duka cita. Dinamakan tahun dukacita karena pada tahun itulah Rasulullah ditimpakan kesedihan yang disebabkan oleh orang-orang kafir Quraisy yang menentang dakwah beliau, ditambah juga pada saat itu nabi Muhammad ditinggalkan oleh Istri tercinta Sayyidah Khadijah. Maka untuk menghibur Nabi Muhammad yang tengah dirundung kesedihan yang mendalam maka Allah menghadiahkan Nabi dengan Isra Mi’raj.

hal bisa kita implementasikan adalah menunaikan sholat. Rasulullah berkata

                        الصَّلاَةُ مِعْرَاجُ الْمُؤْمِنِيْنَ

“Sholat itu adalah Mi’rajnya orang mukmin”

Yang dimaksud mi’rajnya orang mukmin adalah karena sholat merupakan jalan untuk berkomunikasi dengan Allah. Sholat adalah solusi dalam kehidupan untuk mengatasi semua malah yang kita hadapi.

Maka tugas kita yang diamanahkan untuk bisa mengelola keuangan ummat merupakan peluang yang amat besar untuk menaladani sikap teguh dan tegas Rasulullah dalam memegang Agama Allah.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search