Tanjungselor

Korupsi menjadi musuh terbesar kita bersama yang dapat menghancurkan tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sebagai bentuk kampanye kesadaran tentang budaya anti-korupsi, Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) diperingati setiap tanggal 9 Desember.

Peringatan Hakordia di Kementerian Keuangan tahun 2022 mengambil tema, “Integritas Tangguh, Pulih Bertumbuh”. Sejalan dengan tema tersebut, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara dan KPPN Tanjung Selor menyelenggarakan webinar pada hari Kamis (8/12) dengan tema “Integritas Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi”. Dalam webinar tersebut, terdapat dua penyampaian materi. Materi pertama, tentang Budaya Anti Korupsi Dalam Mewujudkan Integritas Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi disampaikan oleh Dr. H. Wartono, M.M., M.Pd selaku Penyuluh Anti Korupsi. Materi webinar kedua, tentang Program Pengendalian Gratifikasi yang disampaikan oleh Ismanto, S.Mn selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal Kanwil DJPb Prov. Kaltara. Peserta webinar diikuti oleh seluruh satuan kerja sebagai mitra kerja, para pejabat dan pelaksana insan Perbendaharaan se Kalimantan Utara.

Dalam sambutan pembuka, Ende Johana Surya, selaku Plh. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara, mengatakan dengan tema webinar tersebut mengandung arti bahwa Kementerian Keuangan berkomitmen dalam meningkatkan integritas dan mencegah korupsi, sehingga melalui Pendapatan dan Belanja Negara mampu melindungi ekonomi saat pandemi serta perlahan mendorong ekonomi untuk pulih dan tumbuh pasca pandemi.

Kegiatan selanjutnya adalah melakukan jalan sehat bersama ke arah tepian sungai kayan (9/12), yang dilanjutkan dengan pemberian stiker anti-korupsi dan makanan gratis kepada warga penduduk di sepanjang sungai kayan, Tanjung Selor.

Kepala KPPN Tanjung Selor, Juanda, menyampaikan bahwa pembagian stiker anti-korupsi dan makanan tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar turut serta dalam upaya pemberantasan korupsi.

Kegiatan peringatan hakordia diakhiri dengan penandatanagan deklarasi antikorupsi oleh seluruh pejabat dan pegawai Kanwil DJPb dan KPPN Tanjung Selor.

Dengan penandatangan deklarasi tersebut diharapkan dapat menunumbuhkan komitmen bersama dan menciptakan awareness atau kepedulian terhadap tindakan korupsi, untuk dicegah dan dijauhi, harap Juanda.

Rangkaian kegiatan peringatan Hakordia telah berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan peringatan hakordia ini dapat menumbuhkan nilai dan budaya anti-korupsi.

 

Kontributor : Juanda, Kepala KPPN Tanjung Selor

 

 

 

 

Kegiatan ini juga dimuat pada Radar Kaltara, Sabtu, 10 des 22, Kegiatan Hakordia 2022

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search