Jalan P. Diponegoro Nomor 46, Kota Tarakan

Kunjungan KPPN Tarakan Ke KRI Yos Sudarso 353

Kamis, 28 Desember 2023. Dalam rangka revitalisasi bimbingan terkait ideologi dan wawasan kebangsaan, Kepala KPPN Tarakan, Joko Santoso berserta seluruh civitas KPPN Tarakan melakukan kunjungan ke KRI Yos Sudarso yang sedang bersandar di Dermaga Lantamal XIII Tarakan. Kunjungan ini diterima langsung oleh Pgs. Komandan KRI YOS-353 Kolonel laut (P) Choirul Arif, yang didampingi oleh Aspotmar Lantamal XIII, Kakuwil Lantamal XIII, dan Ka Akun Lantamal XIII.

“Suatu kebanggaan bagi KPPN Tarakan dapat diberikan kesempatan untuk berkunjung ke KRI Yos Sudarso” ungkap Joko Santoso

Kegiatan kunjungan dengan tema “Memorabilia Sejarah Perjuangan Bangsa” ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pegawai terhadap sejarah perjuangan bangsa Indonesia, diketahui bahwa Laksamana Muda Yos Sudarso adalah pahlawan nasional yang gugur pada 15 Januari 1962 di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Macan Tutul dalam peristiwa pertempuran Laut Aru setelah ditembak oleh kapal patroli Hr. Ms. Eversten milik armada Belanda pada masa kampanye Trikora. Saat itu, Laksamana Muda Yos Sudarso tengah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut di Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Sebagai perwira tinggi, tidak seharusnya turut terjun langsung di dalam operasi Laut Aru, namun ia rela mengorbankan dirinya dalam operasi tersebut dan menyelamatkan dua kapal republik Indonesia yang lainnya.

Peda kunjungan kali ini pegawai KPPN Tarakan juga medapat penjelasan terkait spesifikasi KRI Yos Sudarso yang memiliki nomor lambung 353. Kapal ini merupakan kapal perang kelas Perusak Kawal Berpeluru Kendali Kelas Ahmad Yani milik TNI AL. Kapal ini bersaudara dekat dengan Fregat Inggris Kelas HMS Leander dengan sedikit modifikasi dari desain RN Leander asli. KRI Yos Sudarso memiliki panjang 113 meter, lebar 12,7 meter, dan berat 4.000 ton. Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 28,5 knot.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dengan awak kapal di Dek KRI Yos Sudarso. Diharapkan dengan kegiatan ini mampu untuk meningkatkan rasa kecintaan dan kebanggaan pegawai terhadap bangsa Indonesia selain itu memperkuat sinergi antara KPPN Tarakan dengan Lantamal XII Tarakan.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tarakan
Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 46, Kota Tarakan
Telepon (0551) 21027

Search