Jalan P. Diponegoro Nomor 46, Kota Tarakan

Jalin Sinergi, Kepala KPPN Tarakan Lakukan Audiensi Bersama Bupati Tana Tidung

Tana Tidung (23/01), Sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara di daerah, KPPN Tarakan melaksanakan tugas penyaluran dana transfer ke daerah kepada Pemerintah Kota Tarakan dan Kabupaten Tana Tidung. Sebagai langkah awal koordinasi penyaluran Dana Transfer ke Daerah Tahun 2024, Kepala KPPN Tarakan, Joko Santoso bersama rombongan melaksanakan audiensi bersama Bupati Tana Tidung pada hari Selasa, 23 Januari 2024 bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bupati Tana Tidung, Bapak Ibrahim Ali beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Pada kesempatan ini, Joko Santoso menyampaikan terimakasih atas kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung dalam mengawal penyaluran transfer ke daerah dengan baik dan tepat waktu. Hal ini terbukti dari capaian realisasi penyaluran mencapai Rp1,506 miliar atau 99,68% dari total pagu Rp1,511 miliar dan Peringkat Pertama atas Kinerja Pengelolaan Dana Desa se-Kalimantan Utara tahun 2023. Di sisi lain, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, di antarnya terkait mitigasi penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) dan percepatan penyampaian dokumen syarat salur Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik) tahun 2024. “Kami datang lebih awal agar dapat dilaksanakan percepatan dan mitigasi kendala atas penyaluran”, ungkap Joko saat berdialog bersama Bupati.  Lebih lanjut Joko menegaskan komitmen KPPN sebagai unit vertikal akan menjalin sinergi bersama BPKAD dan OPD serta memfasilitasi dalam hal dibutuhkan pendampingan bersama kantor pusat selaku pemangku kebijakan.

Selanjutnya, Bupati yang didampingi Sekretaris BPKAD dan Kepala Dinsos PMD menjelaskan akan segera menindaklanjuti beberapa aspek yang menjadi kendala dalam penyaluran TKD tahun 2023 serta melaksanakan percepatan penyaluran di tahun 2024. Menurutnya, sinergi dan koordinasi bersama OPD terkait dan KPPN menjadi kunci penyaluran transfer ke daerah dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu sesuai ketentuan.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tarakan
Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 46, Kota Tarakan
Telepon (0551) 21027

Search