Kantor Pelayanan Terbaik
Sebagaimana dengan Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan nomor S-11475/PB.1/2017 tanggal 21 Desember 2017 hal Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2018,
setiap Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) di seluruh penjuru Indonesia diminta untuk mengirimkan perwakilan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang dinaunginya untuk mengikuti seleksi tersebut. Berdasarkan Surat Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua nomor S-61/WPB.33/2018 tanggal 8 Januari 2018 hal Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, KPPN Timika ditunjuk olek Kanwil DJPb Provinsi Papua untuk mengikuti seleksi tersebut.
Persiapan pertama yang dilakukan dalam menghadapi tantangan yang diberikan oleh Kanwil DJPb Provinsi Papua adalah melaksanakan rapat bersama seluruh perangkat KPPN Timika, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), untuk membahas langkah-langkah apa saja yang harus disiapkan dan dilaksanakan. Berbagai saran dan masukan mengalir dari setiap pegawai yang akhirnya dirangkum dan dibuat menjadi panduan persiapan.
Langkah selanjutnya adalah melakukan perombakan Ruang Front Office. Perombakan yang dilakukan meliputi penggantian desain lampu, memperluas Ruang Mini Treasury Learning Centre, re-design kamar mandi tamu, pembuatan pojok informasi, pojok literasi, dan taman harapan. Tujuan dilaksanakannya perombakan ini, selain dari mengikuti seleksi tersebut di atas, adalah meningkatkan pelayanan dan kenyamanan stakeholder dalam mengunjungi KPPN Timika.
Setelah rampung perombakan tersebut, dilanjutkan dengan melakukan penambahan Ruang Istirahat dan Ruang Laktasi/Periksa Dokter. Dengan adanya Ruang Istirahat diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pegawai yang sedang melaksanakan rehat kerja. Untuk Ruang Laktasi/Periksa Dokter, pembuatannnya berdasarkan Standar Layanan KPPN yang sebelumnya pada KPPN Timika belum ada.
Sembari berjalannya penambahan Ruang Istirahat dan Ruang Laktasi/Periksa Dokter, langkah selanjutnya adalah membuat profil kantor berbentuk video dan buku. Konten profil kantor berbentuk buku disiapkan oleh seluruh pelaksana, dengan setiap bab diberikan kepada setiap pelaksana untuk dibuat dan diselesaikan, dan dikompilasi oleh Kepala Subbagian Umum.
Last but not least, pembuatan profil kantor berbentuk video. Disini, seluruh perangkat KPPN Timika turut andil dalam pembuatannya. Tak lupa, Kanwil DJPb Provinsi Papua juga memberikan bantuan dengan mengirimkan 1 (satu) pegawai untuk membantu dalam perekaman dan editing video. Konten video meliputi sarana dan prasarana KPPN Timika, kondisi dan lokasi keramaian Kabupaten Mimika, dan testimoni dari stakeholder.