Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan Komposisi Pembagian Tugas

 

Proses pelayanan yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh faktor SDM sebagai subyek terwujudnya proses tersebut. Kompetensi SDM ( hard competency dan soft competency ) mutlak diperlukan sebagai upaya mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Kompetensi tersebut tidak hanya bagi diri masing-masing pegawai dalam menjalankan tugas layanan, tapi juga bagaimana pegawai tersebut mampu menjadi penyuluh dan pendamping satker sehingga memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan. Kondisi inilah yang akan mewujudkan proses pelayanan yang unggul. Pelayanan yang unggul akan tercipta jika ada kesetaraan pemahaman dan kompetensi antara dua pihak ( pemberi layanan dan yang diberi layanan ).

Sebagai salah satu unit yang melaksanakan pelayanan bidang perbendahaan, jumlah SDM pada KPPN Timika sebanyak 14 pegawai, terdiri atas :

 

Kepala Kantor

   1

 

Kepala  Seksi

   4

 

Pelaksana

   8

 

Pelaksana Tugas Belajar

   1

 

Jumlah

  14        *)

                          *)  Data bulan Agustus 2017

Komposisi pegawai menurut tingkat kepangkatan sebagai berikut :

 

Seksi

Front Office

Middle Office

Back Office

Tugas Belajar

Jumlah

Subbag. Umum

1

1

2

1

5

Pencairan Dana dan  Manajemen Satker  Kepatuhan Internal

2

1

1

-

4

Bank

1

-

1

-

2

Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal

1

-

1

-

2

Jumlah

5

2

5

1

14

Komposisi pegawai per seksi dan kewenangan dalam menjalankan tugas adalah sebagai berikut:

Statistik Pegawai Berdasarkan Seksi dan Kewenangan

 

Front Office ( FO ) adalah unit/ bagian yang melaksanakan proses pelayanan langsung kepada satuan kerja yang berpedoman pada Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor Kep-222/PB/2012 tentang Standar Pelayanan Minimum Kantor Vertikal Ditjen Perbendaharaan. Konsep one stop service terpotret front office dengan berbagai layanan tersedia dalam satu atap. Pelayanan dilakukan melalui loket yang terbagi sesuai tugas/ fungsi setiap seksi, yaitu :

 

 

Loket Surat Masuk

Jumlah ada 1 loket, dengan tugas menerima surat masuk, surat keluar, dan pengambilan pertinggal SP2D

 

Loket SPM

Jumlah ada 2 loket, dengan tugas menerima berkas dan ADK SPM untuk proses konversi

 

Loket Rekonsiliasi

Jumlah ada 1 loket, tugasnya adalah memproses rekonsiliasi data laporan keuangan dan LPJ bendahara

 

Loket Konfirmasi

Jumlah ada 1 loket, tugasnya adalah menerima ADK konfirmasi dan memproses permintaan konfirmasi setoran penerimaan negara

 

Loket Customer Service Officer (CSO)

Jumlah ada 1 loket, tugasnya adalah konsultasi permasalahan perbendaharaan

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search