Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan Komposisi Pembagian Tugas
Proses pelayanan yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh faktor SDM sebagai subyek terwujudnya proses tersebut. Kompetensi SDM ( hard competency dan soft competency ) mutlak diperlukan sebagai upaya mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Kompetensi tersebut tidak hanya bagi diri masing-masing pegawai dalam menjalankan tugas layanan, tapi juga bagaimana pegawai tersebut mampu menjadi penyuluh dan pendamping satker sehingga memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan. Kondisi inilah yang akan mewujudkan proses pelayanan yang unggul. Pelayanan yang unggul akan tercipta jika ada kesetaraan pemahaman dan kompetensi antara dua pihak ( pemberi layanan dan yang diberi layanan ).
Sebagai salah satu unit yang melaksanakan pelayanan bidang perbendahaan, jumlah SDM pada KPPN Timika sebanyak 14 pegawai, terdiri atas :
Kepala Kantor |
1 |
|
Kepala Seksi |
4 |
|
Pelaksana |
8 |
|
Pelaksana Tugas Belajar |
1 |
|
|
Jumlah |
14 *) |
*) Data bulan Agustus 2017
Komposisi pegawai menurut tingkat kepangkatan sebagai berikut :
Seksi |
Front Office |
Middle Office |
Back Office |
Tugas Belajar |
Jumlah |
Subbag. Umum |
1 |
1 |
2 |
1 |
5 |
Pencairan Dana dan Manajemen Satker Kepatuhan Internal |
2 |
1 |
1 |
- |
4 |
Bank |
1 |
- |
1 |
- |
2 |
Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal |
1 |
- |
1 |
- |
2 |
Jumlah |
5 |
2 |
5 |
1 |
14 |
Komposisi pegawai per seksi dan kewenangan dalam menjalankan tugas adalah sebagai berikut:
Statistik Pegawai Berdasarkan Seksi dan Kewenangan
Front Office ( FO ) adalah unit/ bagian yang melaksanakan proses pelayanan langsung kepada satuan kerja yang berpedoman pada Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor Kep-222/PB/2012 tentang Standar Pelayanan Minimum Kantor Vertikal Ditjen Perbendaharaan. Konsep one stop service terpotret front office dengan berbagai layanan tersedia dalam satu atap. Pelayanan dilakukan melalui loket yang terbagi sesuai tugas/ fungsi setiap seksi, yaitu :
Loket Surat Masuk |
Jumlah ada 1 loket, dengan tugas menerima surat masuk, surat keluar, dan pengambilan pertinggal SP2D |
|
Loket SPM |
Jumlah ada 2 loket, dengan tugas menerima berkas dan ADK SPM untuk proses konversi |
|
Loket Rekonsiliasi |
Jumlah ada 1 loket, tugasnya adalah memproses rekonsiliasi data laporan keuangan dan LPJ bendahara |
|
Loket Konfirmasi |
Jumlah ada 1 loket, tugasnya adalah menerima ADK konfirmasi dan memproses permintaan konfirmasi setoran penerimaan negara |
|
Loket Customer Service Officer (CSO) |
Jumlah ada 1 loket, tugasnya adalah konsultasi permasalahan perbendaharaan |