Berita

Seputar KPPN Watampone

Potensi Kerjasama Pembiayaan Ultra Mikro dengan Koperasi di Wilayah Kabupaten Bone

Potensi Kerjasama Pembiayaan Ultra Mikro dengan Koperasi

di Wilayah Kabupaten Bone

KPPN Watampone menyelenggarakan secara hybrid kegiatan Pembahasan Potensi Kerjasama Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dengan Koperasi di Wilayah Kabupaten Bone pada hari Selasa 6 September 2022 di Ruang Rapat Kepala KPPN Watampone. Acara tersebut melibatkan Pusat Investasi Pemerintah, Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan dan KPPN Watampone sebagai perwakilan dari Ditjen Perbendaharaan, pihak Koperasi KPRI Istiqamah dan KUD Lalebata, serta dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bone.

Pada sesi pembukaan,  Kepala KPPN Watampone, Djoko Julianto menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk media komunikasi antara Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dengan calon penyalur pembiayaan ultra mikro (UMi), yaitu dalam hal ini KPPN Watampone sebagai penyedia sarana komunikasi dan informasi terkait pelaksanaan, monitoring dan perkembangan pembiayaan UMi di daerah.

Pada kegiatan tersebut, Pusat Pembiayaan Pemerintah (PIP) yang merupakan unit organisasi non eselon di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah dibawah Ditjen Perbendaharaan, pada kesempatan kali ini turut hadir Bpk. Muhammad Yusuf sebagai Direktur ……. beserta Deky Kepala Divisi pada PIP memaparkan gambaran umum bentuk kerjasama program dan pembiayaan Ultra Mikro sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-193/PMK.05/2020, beserta proses dan tahapan yang harus dipenuhi oleh calon penyalur pembiayaan UMi.

Selanjutnya, dari pihak calon penyalur pembiayaan UMi yang dihadiri oleh Ketua Koperasi KPRI Istiqomah, Alimin dan Ketua Koperasi, Kasman Galib yang didampingi Ketua SP KUD Lalebata, Hj. Hamida, secara bergantian menyampaikan progres beserta kendala yang dihadapi dalam pemenuhan kelengkapan dokumen sebagai tahapan kerjasama pembiayaan ultra mikro (UMi).

Selanjutnya, Tamiru selaku perwakilan Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan, dan Muhammad Lukman Syatir selaku Pejabat Fungsional PTPN KPPN Watampone menyampaian diskusi terkait margin pembiayaan oleh calon penyalur UMi, pendampingan yang harus dilakukan oleh calon penyalur kepada debitur UMi, serta User Acceptance Test (UAT) yang akan dilalui pihak calon penyalur pembiayaan UMi bersama PIP.

Pada acara tersebut, Sekretaris Dinas bersama Tim dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bone menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas seluruh atensi dan bantuan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana, serta mendukung sepenuhnya dan berharap semoga calon penyalur UMi yang hadir dapat melalui seluruh tahapan kerjasama pembiayaan ultra mikro (UMi) dengan baik, yang selanjutnya dapat diikuti oleh calon penyalur UMi lainnya.

Acara ditutup oleh Kepala KPPN Watampone dan meminta agar perkembangan dari tahapan pemenuhan dokumen kerjasama pembiayaan UMi tersebut terus dikawal dan dipantau hingga berhasil, sehingga turut mendukung pengembangan potensi ekonomi di daerah .

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Watampone
Jl. K.H. Agus Salim No.7, Macege, Tanete Riattang Barat, Watampone, Sulawesi Selatan 92732

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

   

 

Search