Berita

Seputar KPPN Wonosari

SOSIALISASI LLAT 2021, Pemutakhiran data SAKTI dan Percepatan Implementasi Digipay

Wonosari, 19 Oktober 2021

         Bertempat di Aula KPPN Wonosari, Pada hari Selasa tanggal 19 Oktober 2021, KPPN Wonosari menyelenggarakan Sosialisasi Langkah-langkah Akhir Tahun (LLAT) Anggaran 2021 secara tatap muka. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti  Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-9/PB/2021 tentang Pedoman Penerimaan dan Pengeluaran Negara Akhir Tahun 2021 yang dihadiri oleh Pengelola Keuangan Satuan Kerja Lingkup KPPN Wonosari.

         Dalam sambutan dan arahannya, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala KPPN Wonosari, Ruswanto  menyampaikan bahwa pengelolaan keuangan negara (satuan kerja) saat ini dituntut untuk bekerja lebih ekstra dikarenakan di satu sisi ada tuntutan penyerapan anggaran yang optimal dan sisi lainya menjaga kualitas output atas pekerjaan yang dihasilkan, maka selaku pengelola keuangan diharuskan melakukan langkah langkah strategis, dengan mengetahui dan mempedomani batas batas waktu dalam perdirjen kemudian merencanakan secara cermat kapan pengajuan ke KPPN.

         Pemateri dalam kegiatan ini adalah Tim dari Seksi PDMS dan Seksi VeraKI dengan moderator Kepala Seksi Bank, Bapak Darojat Imam Wibowo. Materi terkait Perdirjen Nomor PER-9/PB/2021 disampaikan oleh Bowo Dwi Prasetyo. Dalam pemaparannya dijelaskan mengenai tanggal-tanggal penting penyampaian SPM ke KPPN serta batas akhir penyampaian data kontrak ke KPPN. Tanggal-tanggal yang harus diperhatikan dan menjadi pedoman satker berupa penyampaian SPM LS, SPM GU, SPM UP/TUP dan SPM jenis lainnya, tanggal pendaftaran maupun addendum kontrak serta penyampaian SPM akhir tahun, sedangkan materi  terkait laporan keuangan disampaikan oleh Wazir Rubiya. Selain materi tentang langkah-langkah akhir tahun, disampaikan juga materi tentang pemutakhiran data SAKTI dalam rangka persiapan pengajuan Gaji Bulan Januari 2022 melalui aplikasi SAKTI. Materi ini disampaikan oleh CSO KPPN Wonosari Gandung Wahyudi. Sedangkan materi tentang Implementasi Digipay disampaikan oleh Kepala Seksi PDSM Bapak Atik Purnomo.   Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan pertanyaan terkait pembayaran uang makan dan uang lembur bulan Desember 2021, UP/TUP, pembayaran gaji induk bulan Januari 2022 menggunakan aplikasi SAKTI, dan dispensasi penyampaian SPM serta implementasi digipay di satuan kerja.

          Sebagai penutup, Moderator mengingatkan kembali hal-hal penting lainnya berupa koordinasi apabila mengalami kendala atau permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan pencairan di akhir tahun melalui sarana yang sudah disediakan KPPN Wonosari berupa HAI CSO, atau Whatsapp Group “Forum Wonosari”.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search