Berita

Seputar KPPN Wonosari

Sosialisasi Perubahan Tarif PPN 11 % (sebelas persen) dan Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Semester I 2022

Dalam rangka melaksanakan peran dalam peningkatan penerimaan negara di daerah, KPPN Wonosari bersinergi dengan KPP Pratama Wonosari telah mengadakan kegiatan Sosialisasi Perubahan Tarif PPN 11 % (sebelas persen) kepada Satuan Kerja Lingkup KPPN Wonosari. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Aula KPPN Wonosari pada hari Jumat, 27 Mei 2022 dengan peserta Bendahara Pengeluaran/Pengelola Keuangan Satker lingkup KPPN Wonosari. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dior Panji Putera Negara Penyuluh Perpajakan dari KPP Pratama Wonosari. Dalam sambutannya Plt. Kepala KPPN Wonosari menyatakan bahwa tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah sebagai bentuk edukasi dan penyampaian informasi kepada Satker terkait dengan telah diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang berakibat pada berlakunya tarif PPN sebesar 11% (sebelas persen) mulai tanggal 1 April 2022. Sebagai salah satu bentuk efisensi anggaran kegiatan sosialisasi kali ini dilaksanakan bersama dengan penyampaian hasil survei kepuasan masyarakat semester I 2022 yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan yang diberikan oleh KPPN Wonosari.

Selama kurang lebih 120 menit Bendahara Pengeluaran Satker diberikan materi terkait dengan kewajiban perpajakan bendahara dan langkah-langkah yang harus dilakukan atas perubahan tarif PPN menjadi 11% (sebelas persen). Atensi peserta yang tinggi terlihat dalam banyaknya Bendahara yang mengajukan pertanyaan perpajakan terhadap narasumber. Untuk memfasilitasi Bendahara dalam bertanya terkait perpajakan, narasumber sosialiasi kali ini juga ditambahkan sebagai peserta dalam WA Grup Forum Komunikasi Satker KPPN Wonosari, sehingga anggata grup yang merupakan pengelola keuangan Satker lingkup KPPN Wonosari dapat langsung bertanya jika terdapat kesulitan terkait pemotongan dan pelaporan perpajakan.

Terkait dengan pelaksanaan survei kepuasan pengguna layanan KPPN Wonosari Semester I Tahun 2022, sesuai dengan Nota Dinas Kepala KPPN Wonosari Nomor ND-301/KPN.1502/2022 hal Laporan Pelaksanaan Survei Kepuasan Pengguna Layanan KPPN Wonosari Semester I 2022 dengan hasil sebagai berikut :

  1. Survei dilaksanakan dengan menyampaikan kuesioner survei kepuasan pengguna layanan KPPN Semester I Tahun 2022 menggunakan metode sampling dengan jumlah responden minmal 30% dari jumlah Satker.  Jumlah responden yang mengisi survei disemester I 2022 adalah 30 responden untuk 25 Satuan Kerja.
  2. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan terhadap kuesioner yang telah diisi pelaksanaan survei menghasilkan indeks kepuasan 4.90 dan menghasilkan indeks kepuasan masyarakat (IKM) 98%
  3. Atas hasil pelaksanaan survei kepuasan pengguna layanan semester I 2022 KPPN Wonsosari menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Satker mitra kerja atas kerja samanya selama ini.

Diakhir acara sebagai salah satu bentuk mengkampanyekan Zona Integritas dalam membangun Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani dilaksanakan sharing session terkait WBK dan WBBM. Sosialisasi kali ini juga merupakan bentuk saling mendukung antar Satker di lingkup KPPN Wonosari untuk membangun island of integrity dalam upaya pemenuhan standar WBK/WBBM.

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search